BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Persaingan
bisnis yang semakin erat sekarang ini menyebabkan banyak perusahaan penerbangan
yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini seakan
menuntut setiap perusahaan penerbangan harus menempatkan orientai pada kepuasan
pelanggan sebagai tujuan indonesia yaitu Garuda Indonesia bergabung dengan
Aliansi SkyTeam.
SkyTeam adalah
sebuah aliansi kerjasama Internasional yang melibatkan beberapa perusahaan
maskapai penerbangan di Asia, Eropa, dan Timur Tengah.
Rumusan Masalah
1.Berdasarkan kasus di atas, jelaskan cara yang dipilih Garuda Indonesia
untuk memasuki
pasar luar negeri?
2.Jelaskan manfaat yang diperoleh Garuda Indonesia ketika beraliansi dengan
Skyteam?
Landasan Teori
Strategis untuk menganalisis dan masuk
kepasar luar negeri
Langkah – langkah analisis pasar luar Negeri
- Melalukan penilaian terhadap
pasar – pasar alternatif.
- Mengevaluasi biaya, keuntungan
dan resiko memasuki masing – masing pasar.
- Memilih pasar yang paling
potensial untuk dimasuki atau untuk ekspansi.
- Cabang
yang dimiliki secara keseluruhan
·
Memilih dari tanah sampai membangun pabrik baru.
·
Mengambil alih perusahaan yang sedang berjalan.
·
Membeli distributornya.
- Usaha
patungan (kontrak manajemen)
·
Badan usaha yang dibentuk oleh perusahaan
internasional dan para pemilik lokal.
·
Badan usaha yang dibentuk oleh dua perusahaan
internasional untuk tujuan melakukan bisnis dipasar ketiga.
·
Badan usaha yang dibentuk oleh pemerintah (biasanya di
negara tempat investasi dilakukan ) dan sebuah perusahaan internasional.
- Perjanjian
lisensi
Perjanjian
kontaktual dimana sebuah perusahaan memeberikan akses kepada hak paten, rahasia
dagang atau teknologinya kepada perusahaan lain dengan mendapat bayaran.
- Warabala
Suatu bentuk
pemberian lisensi dimana sebuah perusahaan mengadakan kontrak dengan perusahaan
lain untuk mengoperasikan jenis usaha tertentu dibawah nama yang dibentuk
sesuai dengan aturan-aturan tertentu.
- Pemanufakturan
kontrak
Perjanjian
dimana sebuah perusahaan mengadakan kontrak dengan perusahaan lain untuk
memproduksi produk sesuai dengan spesfikasi tetapi menerima tanggung jawab
pemasaran.
Aliansi strategis internasional
Pengertian aliansi strategis adalah perjanjian bisnis dimana dua atau lebih
perusahaan memutuskan untuk melalukan kerja sama guna mendapatkan keuntungan
bersama
Manfaat aliansi strategis
Potensi manfaat aliansi strategis
-
Kemudahan masuk kepasar
-
Berbagi resiko
-
Berbagi pengetahuan dan keahlian
-
Sinergi dan keunggulan bersaing
Layaknya aliansi superhero yang saling bekerja sama untuk
mengalahkan lawan, dunia aliasi pun memiliki beberapa aliansi yang saling
bersaing satu sama lain. Salah satu dari aliansi tersebut bernama SkyTeam,
dimana aliansi tersebut terdiri dari 20 anggota maskapai internasional yang menerbangkan
hampir 16.000 lebih penerbangan dalam sehari yang mengangkut hingga 612 juta
tiap tahun dengan konektivitas ke 1.052 rute di 177 negara.Aliansi yang
didukung oleh 481.691 karyawan dan armada yang berjumlah sekitar 3.054 pesawat
dengan tambahan hampir 1580 armada yang tergabung dalam anak
perusahaan/afiliasi dari maskapai anggota ini menjadikan SkyTeam sebagai salah
satu aliansi penerbangan terkemuka dan terdepan didunia selain Star Alliance
dan Oneworld.
Bergabungnya Garuda sebagai keanggotaan SkyTeam
tentunya akan memudahkan penumpang yang hendak melakukan perjalanan jauh. Sebut
saja bila hendak terbang menuju Los Angeles menggunakan Garuda. Cukup membayar
satu tiket, satu harga untuk bisa sampai di LosAngeles, padahal nanti mesti
transit terlebih dahulu di Dubai dan berganti maskapai (anggota SkyTeam
lainnya) yang akan terbang menuju Los Angeles dan semuanya sudah diatur
sebelumnya sehingga tidak perlu luntang-lantung untuk mencari maskapai mana
yang akan mengudara ke Los Angeles. Dapat dipastikan tidak akan dikenakan biaya
tambahan lagi untuk proses perpindahan pesawat tersebut. One price, one
destination, but more than one airline. Tidak itu saja, jumlah bonus miles
tetap berlaku dan dihitung antar maskapai dalam SkyTeam.Pihak Garuda pun berharap
agar Bandara Internasional Soekarno Hatta bisa menjadi hub baru bagi anggota
SkyTeam yang hendak melakukan perjalanan ke bagian selatan Indonesia, seperti
Australia dan Selandia Baru.
BAB II
PEMBAHASAN
Ø Cara Yang Dipilih
Garuda Indonesia Untuk Memasuki Pasar Luar Negeri
Dengan
cara Garuda Indonesia bergabung dengan Aliansi SkyTVeam pada tahun 2001,
maskapai Garuda Indonesia secara resmi
masuk sebagai anggota kelima dari SkyTeam dan juga menambahkan jumlah rute
sebanyak 14 destinasi di 21 Negara dan Saling melengkapi. Inilah yang menjadi
salah satu alasan Garuda Indonesia memutuskan bergabung dengan SkyTeam.
Bergabungnya
Garuda sebagai keanggotaan SkyTeam tentunya akan memudahkan penumpang yang
hendak melakukan perjalanan jauh. Sebut saja bila hendak terbang menuju Los Angeles
menggunakan Garuda. Cukup membayar satu tiket, satu harga untuk bisa sampai di Los
Angeles, padahal nanti mesti transit terlebih dahulu di Dubai dan berganti
maskapai (anggota SkyTeam lainnya) yang akan terbang menuju Los Angeles dan
semuanya sudah diatur sebelumnya sehingga tidak perlu luntang-lantung untuk
mencari maskapai mana yang akan mengudara ke Los Angeles. Penumpang dipastikan
tidak akan dikenakan biaya tambahan lagi untuk proses perpindahan pesawat
tersebut. One price, one destination, but more than one airline. Tidak
itu saja, jumlah bonus miles tetap berlaku dan dihitung antar maskapai dalam
SkyTeam.
Ø Manfaat Yang Diperoleh
Garuda Indonesia Ketika Beraliansi Dengan SkyTeam
Maskapai
Penerbangan BUMN PT Garuda Indonesia resmi bergabung dengan SkyTeam Global
Aliance, sebuah aliansi kerjasama antar beberapa perusahaan maskapai
penerbangan di dunia. Lewat kerjasama ini Garuda mendapat sejumlah keuntungan
melayani rute-rute Internasional.
Pertama,
Para pengguna jasa Garuda Indonesia dapat terbang ke 1.064 destinasi SkyTeam di
178 negara melalui 15.723 frekuensi penerbangan per hari serta dapat mengakses
564 lounge terbaik di seluruh dunia.
Kedua,
Garuda Indonesia dapat mengakses 588 juta pengguna jasa maskapai anggota
SkyTeam, termasuk di antaranya 189 juta anggota frequent flyer maskapai anggota
aliansi SkyTeam.
Ketiga,
lewat SkyTeam, Garuda dapat menawarkan layanan “ Garuda Indonesia experience
kepada konsumen global sekaligus menempatkan Indonesia dalam peta industri
penerbangan dunia.
Keempat,
para pengguna jasa maskapai penerbangan anggota SkyTeam dari seluruh benua akan
mendapat akses yang lebih mudah ke destinasi-destinasi bisnis dan wisata yang
dilayani Garuda bersama maskapai anggota lainnya lewat layanan penerbangan
nonstop dari jakarta, ke enam hub SkyTeam di seoul, GuangZhou, Beijing,
Shanghai, Taipe, dan Amsterdam.
Kelima,
akan memperkuat jaringan penerbangan SkyTeam di Australia melalui layanan
penerbangan langsung Garuda ke Brisbane, Melbourne, Peerth, dan Sydney. Selain
itu di jepang lewat layanan Garuda ke Haneda Tokyo dan Narita Tokyo.
Di
dalam aliansi ini, Garuda menjadi anggota ke-20. Adapun 19 anggota lainnya
adalah Aeroflot Rusia, Aerolineas Argentinas, Aeromexico, Air Europa, Air
Frace, Alitalia, China Airlines, China Eastern, dan China Southern. Lalu ada
Czech Airlines, Delta Air Lines, Kenya Airways, KLM Royal Dutch Airlines, Korea
Air, Middle East Airlines, Saudia, Tarom, Vietnam Airlines, dan Xiamen Air.
KESIMPULAN
Persaingan
bisnis yang semakin erat sekarang ini menyebabkan banyak perusahaan penerbangan
yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan bergabungnya
Garuda sebagai keanggotaan SkyTeam tentunya akan memudahkan penumpang yang
hendak melakukan perjalanan jauh.
DAFTAR PUSTAKA
- https://www.garuda-indonesia.com/id/id/news-and-events/skyteam/skyteam-benefits.page?
- https://www.kabarpenumpang.com/mengenal-skyteam-aliansi-penerbangan-internasional-garuda-indonesia/
- https://finance.detik.com/industri/d-2516817/ini-dia-keuntungan-garuda-masuk-skyteam