ALIANSI MASKAPAI GARUDA INDONESIA DENGAN SKYTEAM - PURNAMA AVIATION BLOGGER'S -->

Halaman

    Social Items



 BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Persaingan bisnis yang semakin erat sekarang ini menyebabkan banyak perusahaan penerbangan yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini seakan menuntut setiap perusahaan penerbangan harus menempatkan orientai pada kepuasan pelanggan sebagai tujuan indonesia yaitu Garuda Indonesia bergabung dengan Aliansi SkyTeam.
SkyTeam adalah sebuah aliansi kerjasama Internasional yang melibatkan beberapa perusahaan maskapai penerbangan di Asia, Eropa, dan Timur Tengah.

Rumusan Masalah
1.Berdasarkan kasus di atas, jelaskan cara yang dipilih Garuda Indonesia untuk memasuki
   pasar luar negeri?
2.Jelaskan manfaat yang diperoleh Garuda Indonesia ketika beraliansi dengan Skyteam?


Landasan Teori

Strategis untuk menganalisis dan masuk  kepasar luar negeri

Langkah – langkah analisis pasar luar Negeri
  1. Melalukan penilaian terhadap pasar – pasar alternatif.
  2. Mengevaluasi biaya, keuntungan dan resiko memasuki masing – masing pasar.
  3. Memilih pasar yang paling potensial untuk dimasuki atau untuk ekspansi.

  1. Cabang yang dimiliki secara keseluruhan
·         Memilih dari tanah sampai membangun pabrik baru.
·         Mengambil alih perusahaan yang sedang berjalan.
·         Membeli distributornya.

  1. Usaha patungan (kontrak manajemen)
·         Badan usaha yang dibentuk oleh perusahaan internasional dan para pemilik lokal.
·         Badan usaha yang dibentuk oleh dua perusahaan internasional untuk tujuan melakukan bisnis dipasar ketiga.
·         Badan usaha yang dibentuk oleh pemerintah (biasanya di negara tempat investasi dilakukan ) dan sebuah perusahaan internasional.

  1. Perjanjian lisensi
Perjanjian kontaktual dimana sebuah perusahaan memeberikan akses kepada hak paten, rahasia dagang atau teknologinya kepada perusahaan lain dengan mendapat bayaran.

  1. Warabala
Suatu bentuk pemberian lisensi dimana sebuah perusahaan mengadakan kontrak dengan perusahaan lain untuk mengoperasikan jenis usaha tertentu dibawah nama yang dibentuk sesuai dengan aturan-aturan tertentu.

  1. Pemanufakturan kontrak
Perjanjian dimana sebuah perusahaan mengadakan kontrak dengan perusahaan lain untuk memproduksi produk sesuai dengan spesfikasi tetapi menerima tanggung jawab pemasaran.

Aliansi strategis internasional

Pengertian aliansi strategis adalah perjanjian bisnis dimana dua atau lebih perusahaan memutuskan untuk melalukan kerja sama guna mendapatkan keuntungan bersama

Manfaat aliansi strategis
Potensi manfaat aliansi strategis
-          Kemudahan masuk kepasar
-          Berbagi resiko
-          Berbagi pengetahuan dan keahlian
-          Sinergi dan keunggulan bersaing

Layaknya aliansi superhero yang saling bekerja sama untuk mengalahkan lawan, dunia aliasi pun memiliki beberapa aliansi yang saling bersaing satu sama lain. Salah satu dari aliansi tersebut bernama SkyTeam, dimana aliansi tersebut terdiri dari 20 anggota maskapai internasional yang menerbangkan hampir 16.000 lebih penerbangan dalam sehari yang mengangkut hingga 612 juta tiap tahun dengan konektivitas ke 1.052 rute di 177 negara.Aliansi yang didukung oleh 481.691 karyawan dan armada yang berjumlah sekitar 3.054 pesawat dengan tambahan hampir 1580 armada yang tergabung dalam anak perusahaan/afiliasi dari maskapai anggota ini menjadikan SkyTeam sebagai salah satu aliansi penerbangan terkemuka dan terdepan didunia selain Star Alliance dan Oneworld.

Bergabungnya Garuda sebagai keanggotaan SkyTeam tentunya akan memudahkan penumpang yang hendak melakukan perjalanan jauh. Sebut saja bila hendak terbang menuju Los Angeles menggunakan Garuda. Cukup membayar satu tiket, satu harga untuk bisa sampai di LosAngeles, padahal nanti mesti transit terlebih dahulu di Dubai dan berganti maskapai (anggota SkyTeam lainnya) yang akan terbang menuju Los Angeles dan semuanya sudah diatur sebelumnya sehingga tidak perlu luntang-lantung untuk mencari maskapai mana yang akan mengudara ke Los Angeles. Dapat dipastikan tidak akan dikenakan biaya tambahan lagi untuk proses perpindahan pesawat tersebut. One price, one destination, but more than one airline. Tidak itu saja, jumlah bonus miles tetap berlaku dan dihitung antar maskapai dalam SkyTeam.Pihak Garuda pun berharap agar Bandara Internasional Soekarno Hatta bisa menjadi hub baru bagi anggota SkyTeam yang hendak melakukan perjalanan ke bagian selatan Indonesia, seperti Australia dan Selandia Baru.

BAB II
PEMBAHASAN

Ø  Cara Yang Dipilih Garuda Indonesia Untuk Memasuki Pasar Luar Negeri
Dengan cara Garuda Indonesia bergabung dengan Aliansi SkyTVeam pada tahun 2001, maskapai Garuda Indonesia  secara resmi masuk sebagai anggota kelima dari SkyTeam dan juga menambahkan jumlah rute sebanyak 14 destinasi di 21 Negara dan Saling melengkapi. Inilah yang menjadi salah satu alasan Garuda Indonesia memutuskan bergabung dengan SkyTeam.
Bergabungnya Garuda sebagai keanggotaan SkyTeam tentunya akan memudahkan penumpang yang hendak melakukan perjalanan jauh. Sebut saja bila hendak terbang menuju Los Angeles menggunakan Garuda. Cukup membayar satu tiket, satu harga untuk bisa sampai di Los Angeles, padahal nanti mesti transit terlebih dahulu di Dubai dan berganti maskapai (anggota SkyTeam lainnya) yang akan terbang menuju Los Angeles dan semuanya sudah diatur sebelumnya sehingga tidak perlu luntang-lantung untuk mencari maskapai mana yang akan mengudara ke Los Angeles. Penumpang dipastikan tidak akan dikenakan biaya tambahan lagi untuk proses perpindahan pesawat tersebut. One price, one destination, but more than one airline. Tidak itu saja, jumlah bonus miles tetap berlaku dan dihitung antar maskapai dalam SkyTeam.
Ø  Manfaat Yang Diperoleh Garuda Indonesia Ketika Beraliansi Dengan SkyTeam
Maskapai Penerbangan BUMN PT Garuda Indonesia resmi bergabung dengan SkyTeam Global Aliance, sebuah aliansi kerjasama antar beberapa perusahaan maskapai penerbangan di dunia. Lewat kerjasama ini Garuda mendapat sejumlah keuntungan melayani rute-rute Internasional.
Pertama, Para pengguna jasa Garuda Indonesia dapat terbang ke 1.064 destinasi SkyTeam di 178 negara melalui 15.723 frekuensi penerbangan per hari serta dapat mengakses 564 lounge terbaik di seluruh dunia.
Kedua, Garuda Indonesia dapat mengakses 588 juta pengguna jasa maskapai anggota SkyTeam, termasuk di antaranya 189 juta anggota frequent flyer maskapai anggota aliansi SkyTeam.
Ketiga, lewat SkyTeam, Garuda dapat menawarkan layanan “ Garuda Indonesia experience kepada konsumen global sekaligus menempatkan Indonesia dalam peta industri penerbangan dunia.
Keempat, para pengguna jasa maskapai penerbangan anggota SkyTeam dari seluruh benua akan mendapat akses yang lebih mudah ke destinasi-destinasi bisnis dan wisata yang dilayani Garuda bersama maskapai anggota lainnya lewat layanan penerbangan nonstop dari jakarta, ke enam hub SkyTeam di seoul, GuangZhou, Beijing, Shanghai, Taipe, dan Amsterdam.
Kelima, akan memperkuat jaringan penerbangan SkyTeam di Australia melalui layanan penerbangan langsung Garuda ke Brisbane, Melbourne, Peerth, dan Sydney. Selain itu di jepang lewat layanan Garuda ke Haneda Tokyo dan Narita Tokyo.
Di dalam aliansi ini, Garuda menjadi anggota ke-20. Adapun 19 anggota lainnya adalah Aeroflot Rusia, Aerolineas Argentinas, Aeromexico, Air Europa, Air Frace, Alitalia, China Airlines, China Eastern, dan China Southern. Lalu ada Czech Airlines, Delta Air Lines, Kenya Airways, KLM Royal Dutch Airlines, Korea Air, Middle East Airlines, Saudia, Tarom, Vietnam Airlines, dan Xiamen Air.


KESIMPULAN
Persaingan bisnis yang semakin erat sekarang ini menyebabkan banyak perusahaan penerbangan yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan bergabungnya Garuda sebagai keanggotaan SkyTeam tentunya akan memudahkan penumpang yang hendak melakukan perjalanan jauh.


DAFTAR PUSTAKA

  1. https://www.garuda-indonesia.com/id/id/news-and-events/skyteam/skyteam-benefits.page?
  2. https://www.kabarpenumpang.com/mengenal-skyteam-aliansi-penerbangan-internasional-garuda-indonesia/
  3. https://finance.detik.com/industri/d-2516817/ini-dia-keuntungan-garuda-masuk-skyteam

ALIANSI MASKAPAI GARUDA INDONESIA DENGAN SKYTEAM



 BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Persaingan bisnis yang semakin erat sekarang ini menyebabkan banyak perusahaan penerbangan yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini seakan menuntut setiap perusahaan penerbangan harus menempatkan orientai pada kepuasan pelanggan sebagai tujuan indonesia yaitu Garuda Indonesia bergabung dengan Aliansi SkyTeam.
SkyTeam adalah sebuah aliansi kerjasama Internasional yang melibatkan beberapa perusahaan maskapai penerbangan di Asia, Eropa, dan Timur Tengah.

Rumusan Masalah
1.Berdasarkan kasus di atas, jelaskan cara yang dipilih Garuda Indonesia untuk memasuki
   pasar luar negeri?
2.Jelaskan manfaat yang diperoleh Garuda Indonesia ketika beraliansi dengan Skyteam?


Landasan Teori

Strategis untuk menganalisis dan masuk  kepasar luar negeri

Langkah – langkah analisis pasar luar Negeri
  1. Melalukan penilaian terhadap pasar – pasar alternatif.
  2. Mengevaluasi biaya, keuntungan dan resiko memasuki masing – masing pasar.
  3. Memilih pasar yang paling potensial untuk dimasuki atau untuk ekspansi.

  1. Cabang yang dimiliki secara keseluruhan
·         Memilih dari tanah sampai membangun pabrik baru.
·         Mengambil alih perusahaan yang sedang berjalan.
·         Membeli distributornya.

  1. Usaha patungan (kontrak manajemen)
·         Badan usaha yang dibentuk oleh perusahaan internasional dan para pemilik lokal.
·         Badan usaha yang dibentuk oleh dua perusahaan internasional untuk tujuan melakukan bisnis dipasar ketiga.
·         Badan usaha yang dibentuk oleh pemerintah (biasanya di negara tempat investasi dilakukan ) dan sebuah perusahaan internasional.

  1. Perjanjian lisensi
Perjanjian kontaktual dimana sebuah perusahaan memeberikan akses kepada hak paten, rahasia dagang atau teknologinya kepada perusahaan lain dengan mendapat bayaran.

  1. Warabala
Suatu bentuk pemberian lisensi dimana sebuah perusahaan mengadakan kontrak dengan perusahaan lain untuk mengoperasikan jenis usaha tertentu dibawah nama yang dibentuk sesuai dengan aturan-aturan tertentu.

  1. Pemanufakturan kontrak
Perjanjian dimana sebuah perusahaan mengadakan kontrak dengan perusahaan lain untuk memproduksi produk sesuai dengan spesfikasi tetapi menerima tanggung jawab pemasaran.

Aliansi strategis internasional

Pengertian aliansi strategis adalah perjanjian bisnis dimana dua atau lebih perusahaan memutuskan untuk melalukan kerja sama guna mendapatkan keuntungan bersama

Manfaat aliansi strategis
Potensi manfaat aliansi strategis
-          Kemudahan masuk kepasar
-          Berbagi resiko
-          Berbagi pengetahuan dan keahlian
-          Sinergi dan keunggulan bersaing

Layaknya aliansi superhero yang saling bekerja sama untuk mengalahkan lawan, dunia aliasi pun memiliki beberapa aliansi yang saling bersaing satu sama lain. Salah satu dari aliansi tersebut bernama SkyTeam, dimana aliansi tersebut terdiri dari 20 anggota maskapai internasional yang menerbangkan hampir 16.000 lebih penerbangan dalam sehari yang mengangkut hingga 612 juta tiap tahun dengan konektivitas ke 1.052 rute di 177 negara.Aliansi yang didukung oleh 481.691 karyawan dan armada yang berjumlah sekitar 3.054 pesawat dengan tambahan hampir 1580 armada yang tergabung dalam anak perusahaan/afiliasi dari maskapai anggota ini menjadikan SkyTeam sebagai salah satu aliansi penerbangan terkemuka dan terdepan didunia selain Star Alliance dan Oneworld.

Bergabungnya Garuda sebagai keanggotaan SkyTeam tentunya akan memudahkan penumpang yang hendak melakukan perjalanan jauh. Sebut saja bila hendak terbang menuju Los Angeles menggunakan Garuda. Cukup membayar satu tiket, satu harga untuk bisa sampai di LosAngeles, padahal nanti mesti transit terlebih dahulu di Dubai dan berganti maskapai (anggota SkyTeam lainnya) yang akan terbang menuju Los Angeles dan semuanya sudah diatur sebelumnya sehingga tidak perlu luntang-lantung untuk mencari maskapai mana yang akan mengudara ke Los Angeles. Dapat dipastikan tidak akan dikenakan biaya tambahan lagi untuk proses perpindahan pesawat tersebut. One price, one destination, but more than one airline. Tidak itu saja, jumlah bonus miles tetap berlaku dan dihitung antar maskapai dalam SkyTeam.Pihak Garuda pun berharap agar Bandara Internasional Soekarno Hatta bisa menjadi hub baru bagi anggota SkyTeam yang hendak melakukan perjalanan ke bagian selatan Indonesia, seperti Australia dan Selandia Baru.

BAB II
PEMBAHASAN

Ø  Cara Yang Dipilih Garuda Indonesia Untuk Memasuki Pasar Luar Negeri
Dengan cara Garuda Indonesia bergabung dengan Aliansi SkyTVeam pada tahun 2001, maskapai Garuda Indonesia  secara resmi masuk sebagai anggota kelima dari SkyTeam dan juga menambahkan jumlah rute sebanyak 14 destinasi di 21 Negara dan Saling melengkapi. Inilah yang menjadi salah satu alasan Garuda Indonesia memutuskan bergabung dengan SkyTeam.
Bergabungnya Garuda sebagai keanggotaan SkyTeam tentunya akan memudahkan penumpang yang hendak melakukan perjalanan jauh. Sebut saja bila hendak terbang menuju Los Angeles menggunakan Garuda. Cukup membayar satu tiket, satu harga untuk bisa sampai di Los Angeles, padahal nanti mesti transit terlebih dahulu di Dubai dan berganti maskapai (anggota SkyTeam lainnya) yang akan terbang menuju Los Angeles dan semuanya sudah diatur sebelumnya sehingga tidak perlu luntang-lantung untuk mencari maskapai mana yang akan mengudara ke Los Angeles. Penumpang dipastikan tidak akan dikenakan biaya tambahan lagi untuk proses perpindahan pesawat tersebut. One price, one destination, but more than one airline. Tidak itu saja, jumlah bonus miles tetap berlaku dan dihitung antar maskapai dalam SkyTeam.
Ø  Manfaat Yang Diperoleh Garuda Indonesia Ketika Beraliansi Dengan SkyTeam
Maskapai Penerbangan BUMN PT Garuda Indonesia resmi bergabung dengan SkyTeam Global Aliance, sebuah aliansi kerjasama antar beberapa perusahaan maskapai penerbangan di dunia. Lewat kerjasama ini Garuda mendapat sejumlah keuntungan melayani rute-rute Internasional.
Pertama, Para pengguna jasa Garuda Indonesia dapat terbang ke 1.064 destinasi SkyTeam di 178 negara melalui 15.723 frekuensi penerbangan per hari serta dapat mengakses 564 lounge terbaik di seluruh dunia.
Kedua, Garuda Indonesia dapat mengakses 588 juta pengguna jasa maskapai anggota SkyTeam, termasuk di antaranya 189 juta anggota frequent flyer maskapai anggota aliansi SkyTeam.
Ketiga, lewat SkyTeam, Garuda dapat menawarkan layanan “ Garuda Indonesia experience kepada konsumen global sekaligus menempatkan Indonesia dalam peta industri penerbangan dunia.
Keempat, para pengguna jasa maskapai penerbangan anggota SkyTeam dari seluruh benua akan mendapat akses yang lebih mudah ke destinasi-destinasi bisnis dan wisata yang dilayani Garuda bersama maskapai anggota lainnya lewat layanan penerbangan nonstop dari jakarta, ke enam hub SkyTeam di seoul, GuangZhou, Beijing, Shanghai, Taipe, dan Amsterdam.
Kelima, akan memperkuat jaringan penerbangan SkyTeam di Australia melalui layanan penerbangan langsung Garuda ke Brisbane, Melbourne, Peerth, dan Sydney. Selain itu di jepang lewat layanan Garuda ke Haneda Tokyo dan Narita Tokyo.
Di dalam aliansi ini, Garuda menjadi anggota ke-20. Adapun 19 anggota lainnya adalah Aeroflot Rusia, Aerolineas Argentinas, Aeromexico, Air Europa, Air Frace, Alitalia, China Airlines, China Eastern, dan China Southern. Lalu ada Czech Airlines, Delta Air Lines, Kenya Airways, KLM Royal Dutch Airlines, Korea Air, Middle East Airlines, Saudia, Tarom, Vietnam Airlines, dan Xiamen Air.


KESIMPULAN
Persaingan bisnis yang semakin erat sekarang ini menyebabkan banyak perusahaan penerbangan yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan bergabungnya Garuda sebagai keanggotaan SkyTeam tentunya akan memudahkan penumpang yang hendak melakukan perjalanan jauh.


DAFTAR PUSTAKA

  1. https://www.garuda-indonesia.com/id/id/news-and-events/skyteam/skyteam-benefits.page?
  2. https://www.kabarpenumpang.com/mengenal-skyteam-aliansi-penerbangan-internasional-garuda-indonesia/
  3. https://finance.detik.com/industri/d-2516817/ini-dia-keuntungan-garuda-masuk-skyteam