Contoh Rancangan Penelitian
“Pengaruh Strategi Emotional Branding Terhadap Pelayanan dan Loyalitas Konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta”
A.
Rancangan
Penelitian
Berkaitan
dengan judul yang dikemukakan, maka jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti
populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen
penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk
menguji hipotesis yang telah diterapkan (Sugiyono, 2011:8). Alat ukur dalam penelitian kuantitatif ini adalah
berupa kuesioner.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa jawaban dari konsumen jasa penerbangan maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, mengenai pelayanan serta tingkat loyalitas konsumen maskapai Lion Air dan dianalisis pengaruhnya terhadap empat konsep dasar dari Emotional Branding yang meliputi hubungan, pengalaman pancaindera, imajinasi, dan visi dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana. Jenis variabel dalam penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut:
Keterangan:
a. Variabel Bebas/Independent (X): Empat konsep dasar dari Emotional Branding yang meliputi
hubungan, pengalaman pancaindera, imajinasi, dan visi.
b. Variabel Terikat/Dependent (Y): Pelayanan (Y1) dan Loyalitas Konsumen Maskapai
Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta (Y2).
Teknik
pengambilan sampling dalam penelitian
ini menggunakan Nonprobability Sampling dalam
kategori Sampling Purposive. Jumlah
sampel dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 100 responden, yaitu konsumen
yang telah menggunakan jasa penerbangan maskapai Lion Air minimal 2 kali di
Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.