DEFINITION OF SERVICE ACCORDING TO THE EXPERT (PENGERTIAN PELAYANAN MENURUT PARA AHLI) - PURNAMA AVIATION BLOGGER'S -->

Halaman

    Social Items



  • PENGERTIAN PELAYANAN MENURUT PARA AHLI

Menurut Moenir (2010:26) pelayanan adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan landasan faktor materi melalui sistem, prosedur dan metode tertentu dalam rangka usaha memenuhi kepentingan orang lain sesuai dengan haknya. Pelayanan hakikatnya adalah serangkaian kegiatan, karena itu pelayanan merupakan sebuah proses. Sebagai proses, pelayanan berlangsung secara rutin dan berkesinambungan, meliputi seluruh kehidupan orang dalam masyarakat.

Pelayanan merupakan faktor yang amat penting khususnya bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Di mana hal ini fisik produk biasanya ditunjang dengan berbagai macam inisial produk. Adapun inti produk yang dimaksud biasanya merupakan jasa tertentu. Pelayanan konsumen ini sangat penting artinya bagi kehidupan suatu perusahaan, karena tanpa konsumen, maka tidak akan terjadi transaksi jual beli di antara keduanya. Untuk itu kegiatan pelayanan perusahaan haruslah berorientasi pada kepuasan konsumen.

Menurut (Tjiptono, 2005:110) terdapat pengukuran kualitas pelayanan sebagai berikut:

a.       Ketepatan waktu pelayanan.

b.      Akurasi pelayanan, yaitu meminimalkan kesalahan dalam pelayanan maupun transaksi.

c.       Sopan santun dan keramahan ketika memberikan pelayanan

d.      Kemudahan mendapatkan pelayanan, yaitu seperti tersedianya sumber daya manusia untuk membantu melayani konsumen, serta fasilitas pendukung seperti komputer untuk mencari kesediaan suatu produk.

e.       Kenyamanan konsumen, yaitu seperti lokasi, tempat parkir, ruang tunggu yang nyaman, aspek kebersihan, ketersediaan informasi, dan lain sebagainya.


DEFINITION OF SERVICE ACCORDING TO THE EXPERT (PENGERTIAN PELAYANAN MENURUT PARA AHLI)



  • PENGERTIAN PELAYANAN MENURUT PARA AHLI

Menurut Moenir (2010:26) pelayanan adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan landasan faktor materi melalui sistem, prosedur dan metode tertentu dalam rangka usaha memenuhi kepentingan orang lain sesuai dengan haknya. Pelayanan hakikatnya adalah serangkaian kegiatan, karena itu pelayanan merupakan sebuah proses. Sebagai proses, pelayanan berlangsung secara rutin dan berkesinambungan, meliputi seluruh kehidupan orang dalam masyarakat.

Pelayanan merupakan faktor yang amat penting khususnya bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Di mana hal ini fisik produk biasanya ditunjang dengan berbagai macam inisial produk. Adapun inti produk yang dimaksud biasanya merupakan jasa tertentu. Pelayanan konsumen ini sangat penting artinya bagi kehidupan suatu perusahaan, karena tanpa konsumen, maka tidak akan terjadi transaksi jual beli di antara keduanya. Untuk itu kegiatan pelayanan perusahaan haruslah berorientasi pada kepuasan konsumen.

Menurut (Tjiptono, 2005:110) terdapat pengukuran kualitas pelayanan sebagai berikut:

a.       Ketepatan waktu pelayanan.

b.      Akurasi pelayanan, yaitu meminimalkan kesalahan dalam pelayanan maupun transaksi.

c.       Sopan santun dan keramahan ketika memberikan pelayanan

d.      Kemudahan mendapatkan pelayanan, yaitu seperti tersedianya sumber daya manusia untuk membantu melayani konsumen, serta fasilitas pendukung seperti komputer untuk mencari kesediaan suatu produk.

e.       Kenyamanan konsumen, yaitu seperti lokasi, tempat parkir, ruang tunggu yang nyaman, aspek kebersihan, ketersediaan informasi, dan lain sebagainya.