CONSUMER LOYALTY INDICATORS (INDIKATOR LOYALITAS KONSUMEN PARA AHLI) - PURNAMA AVIATION BLOGGER'S -->

Halaman

    Social Items

 


  •       Indikator Loyalitas Konsumen

Loyalitas konsumen dalam penelitian ini diartikan sebagai loyalitas yang ditunjukkan para konsumen terhadap jasa maskapai penerbangan Lion Air. Indikator penelitian yang digunakan mengacu pada teori yang diungkapkan Jill Griffin (dalam Hurriyati, 2010, hal.130). Beberapa indikator yang digunakan untuk mengukur variabel loyalitas konsumen adalah:

a.       Melakukan pembelian ulang secara teratur (Makes regular repeat purchases). Konsumen yang telah melakukan pembelian suatu produk atau jasa sebanyak dua kali atau lebih.

b.      Melakukan pembelian di luar lini produk/jasa (Purchases across product and service lines). Membeli semua barang atau jasa yang ditawarkan dan mereka butuhkan serta membeli di luar lini produk/jasa. Mereka membeli secara teratur, hubungan dengan jenis konsumen ini sudah kuat dan berlangsung lama serta membuat mereka tidak terpengaruh oleh produk pesaing.

c.       Merekomendasikan produk (Refers other). Membeli barang atau jasa yang ditawarkan dan yang mereka butuhkan, serta melakukan pembelian secara teratur. Selain itu, mereka mendorong orang lain agar membeli barang atau jasa perusahaan tersebut. Secara tidak langsung, mereka telah melakukan pemasaran untuk perusahaan dan membawa konsumen kepada perusahaan.

d.      Menunjukan kekebalan dari daya tarikan produk sejenis dari pesaing (Demonstrates an immunity to the full of the competition).

Berdasarkan pemaparan tokoh di atas makan dapat disimpulkan bahwa loyalitas konsumen adalah kecenderungan konsumen untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut secara berulang-ulang, kemudian konsumen tersebut akan menyampaikan dan merekomendasikan kepada orang lain atas produk atau jasa yang telah diterimanya. Pada akhirnya konsumen akan setia kepada produk atau jasa tersebut serta menolak produk atau jasa sejenis yang ditawarkan oleh perusahaan yang berbeda.

CONSUMER LOYALTY INDICATORS (INDIKATOR LOYALITAS KONSUMEN PARA AHLI)

 


  •       Indikator Loyalitas Konsumen

Loyalitas konsumen dalam penelitian ini diartikan sebagai loyalitas yang ditunjukkan para konsumen terhadap jasa maskapai penerbangan Lion Air. Indikator penelitian yang digunakan mengacu pada teori yang diungkapkan Jill Griffin (dalam Hurriyati, 2010, hal.130). Beberapa indikator yang digunakan untuk mengukur variabel loyalitas konsumen adalah:

a.       Melakukan pembelian ulang secara teratur (Makes regular repeat purchases). Konsumen yang telah melakukan pembelian suatu produk atau jasa sebanyak dua kali atau lebih.

b.      Melakukan pembelian di luar lini produk/jasa (Purchases across product and service lines). Membeli semua barang atau jasa yang ditawarkan dan mereka butuhkan serta membeli di luar lini produk/jasa. Mereka membeli secara teratur, hubungan dengan jenis konsumen ini sudah kuat dan berlangsung lama serta membuat mereka tidak terpengaruh oleh produk pesaing.

c.       Merekomendasikan produk (Refers other). Membeli barang atau jasa yang ditawarkan dan yang mereka butuhkan, serta melakukan pembelian secara teratur. Selain itu, mereka mendorong orang lain agar membeli barang atau jasa perusahaan tersebut. Secara tidak langsung, mereka telah melakukan pemasaran untuk perusahaan dan membawa konsumen kepada perusahaan.

d.      Menunjukan kekebalan dari daya tarikan produk sejenis dari pesaing (Demonstrates an immunity to the full of the competition).

Berdasarkan pemaparan tokoh di atas makan dapat disimpulkan bahwa loyalitas konsumen adalah kecenderungan konsumen untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut secara berulang-ulang, kemudian konsumen tersebut akan menyampaikan dan merekomendasikan kepada orang lain atas produk atau jasa yang telah diterimanya. Pada akhirnya konsumen akan setia kepada produk atau jasa tersebut serta menolak produk atau jasa sejenis yang ditawarkan oleh perusahaan yang berbeda.