CONTOH PENELITIAN YANG RELEVAN PADA PENELITIAN
“Pengaruh Strategi Emotional Branding Terhadap Pelayanan dan Loyalitas Konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta”.
Penelitian relevan adalah
suatu penelitian sebelumnya yang sudah pernah dibuat dan dianggap cukup relevan
atau mempunyai keterkaitan dengan judul dan topik yang akan diteliti yang
berguna untuk menghindari terjadinya pengulangan penelitian dengan pokok permasalahan
yang sama. Penelitian relevan dalam penelitian juga bermakna berbagai referensi
yang berhubungan dengan penelitian yang akan dibahas. Beberapa penelitian
terdahulu yang menjadi rujukan dalam penelitian ini antara lain:
Tabel 2.1 Penelitian Terdahulu
No |
Nama Peneliti |
Judul Penelitian |
Tahun Penelitian |
Hasil Penelitian |
1 |
Bonaventura
Ega & Agung Budiatmo |
Pengaruh
Experiential Marketing & Emotional
Branding Terhadap Repurchase
Melalui Brand Trust (Studi Kasus Pada Konsumen Garuda Indonesia di Kota
Semarang) |
2017 |
Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh parsial maupun simultan
antara experiental marketing, emotional
branding, dan brand trust
terhadap repurchase. Berdasarkan
hasil analisis regresi dua tahap yang menunjukkan bahwa brand trust merupakan variabel antara terhadap variabel repurchase. Maka melalui peningkatan
ketiga aspek layanan tersebut dan akan mampu menghadirkan juga pengalaman
terbaik bagi konsumen menjadikan tolak ukur timbul dan meningkat kan brand trust dalam benak konsumen dan
hal tersebut merupakan salah satu yang
menjadi pertimbangan yang positif bagi konsumen dalam menjalin hubungan
jangka panjang ke depan dengan merek melalui repurchase jasa. |
2 |
Rizki
Ichwan Pradana & Dra. Sri Suryoko, MSi |
Pengaruh
Kualitas Pelayanan dan Emotional
Branding Terhadap Kepuasan Konsumen |
2017 |
Hasil
dari penelitian ini menyatkan bahwa kualitas pelayanan dan emotional branding terhadap beberapa
pengaruh pada kepuasan. Kualitas
pelayanan dan konsep emotional branding
memiliki hal kontribusi pengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar
42,1%, kualitas pelayanan memiliki konstribusi juga sebesar 38,5% dan emotional branding sebesar 21,5%
kualitas pelayanan dan emotional branding
juga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Penelitian
ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan emotional branding secara parsial maupun simultan mempengaruhi
kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Permata Blora. |
3 |
Meliana
Putri Soenjaya |
Pengaruh
Experiential Marketing, Emotional
Branding dan Brand Trust
Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Loyalty Pada Maskapai Garuda
Indonesia di Surabaya |
2016 |
Hasil
dari penelitian ini menunjukan experiential
marketing & emotional branding dan brand loyalty memberikan pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty, dan brand loyalty memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap konsep purchase
decision pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Konsumen
merasa bahwa Garuda Indonesia dapat menciptakan pengalaman konsumen, emosi
positif serta kepercayaan pada maskapai tersebut sehingga timbul loyalitas
terhadap maskapai Garuda Indonesia dan berdampak pada keputusan pembelian
konsumen. |
4 |
Gunung
Setiadi, Handoyo Djoko W dan Ngatno |
Pengaruh
Emotional Branding, Nilai Pelanggan
Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan J.CO
Java Mall Semarang |
2015 |
Hasil
dari penelitian ini bahwa emotional
branding, nilai pelanggan dan citra merek secara bersama-sama (simultan)
maupun partial mempengaruhi variabel-variabel dependen yaitu kepuasan
pelanggan dan loyalitas pelanggan. Berdasarkan
hasil uji Sobel, terdapat pengaruh langsung konsep emotional branding terhadap tingkat loyalitas pelanggan lebih
besar dibandingkan pengaruh secara tidak langsungnya. Pengaruh
langsung nilai pelanggan juga terhadap loyalitas pelanggan lebih besar
dibanding pengaruh secra tidak langsungnya, begitupula juga dengan pengaruh
langsung cita merek terhadap loyalitas pelanggan lebih besar dibanding
pengaruh tidak langsungnya. |
5 |
Yuda
Wijanark, Sri Suryoko & Widiartanto |
Pengaruh
Emotional branding dan Experiential marketing Terhadap
Loyalitas Merek Eiger Adventure Melalui Brand
trust dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening |
2014 |
Penelitian
ini menunjukan bahwa emotional branding,
experiential marketing, brand trust dan kepuasan pelanggan
secara parsial dan juga secara simultan ini mempengaruhi loyalitas merek
Eiger Adventure. Berdasarkan
hasil tersebut Eiger Adventure harus meningkatkan konsep dari emotional branding, dan juga
meningkatkan konsep dari experiential marketing serta menjaga
dan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan serta menjaga konsep
emotional branding dan melakukan berbagai cara kegiatan agar meningkatkan experiential marketing guna menambah
kepercayaan terhadap merek dan juga menjaga kepuasan dari pelanggan produk
Eiger Adventure. |
Berdasarkan Tabel 2.1 di atas persamaan penelitian
terdahulu dengan penelitian yang akan peneliti lakukan adalah mengkaji mengenai
pengaruh strategi emotional branding.
Metode yang digunakan dalam penelitian sama-sama menggunakan pendekatan
kuantitatif berdasarkan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi
pustaka.
Perbedaannya dalam penelitian terdahulu dengan
penelitian yang akan peneliti lakukan terletak pada jumlah variabel, lokasi,
teknik analisis data dan bidang kajiannya. Jumlah variabel yang akan diteliti
dalam penelitian ini ada tiga yang meliputi (X) sebagai variabel bebas yaitu empat
konsep dasar dari emotional branding
yang meliputi hubungan, pengalaman pancaindera, imajinasi, dan visi. Adapun (Y)
sebagai variabel terikat yang meliputi pelayanan (Y1) dan loyalitas konsumen
maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta (Y2).
Lokasi dalam penelitian ini adalah di Bandar Udara Internasional Adisutjipto
Yogyakarta.
Perbedaan yang lain adalah dilihat dari teknik
analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan
masalah dan melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis yang diajukan, di sini peneliti menggunakan
teknik analisis data yaitu regresi linier sederhana dan uji hipotesis
menggunakan Uji F. Sedangkan jika dilihat dari bidang
kajianya, peneliti akan meneliti terhadap pelayanan dan loyalitas konsumen
maskapai Lion air yang akan dinalisis pengaruhnya terhadap empat konsep dasar
dari emotional branding yang meliputi
hubungan, pengalaman pancaindera, imajinasi, dan visi.