EXAMPLES OF RELEVANT RESEARCH THE INFLUENCE OF EMOTIONAL BRANDING STRATEGY ON CONSUMER SERVICE AND LOYALTY (CONTOH PENELITIAN YANG RELEVAN PENGARUH STRATEGI EMOTIONAL BRANDING TERHADAP PELAYANAN DAN LOYALITAS KONSUMEN) - PURNAMA AVIATION BLOGGER'S -->

Halaman

    Social Items

 



CONTOH PENELITIAN YANG RELEVAN PADA PENELITIAN


 Pengaruh Strategi Emotional Branding Terhadap Pelayanan dan Loyalitas Konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta”.


Penelitian relevan adalah suatu penelitian sebelumnya yang sudah pernah dibuat dan dianggap cukup relevan atau mempunyai keterkaitan dengan judul dan topik yang akan diteliti yang berguna untuk menghindari terjadinya pengulangan penelitian dengan pokok permasalahan yang sama. Penelitian relevan dalam penelitian juga bermakna berbagai referensi yang berhubungan dengan penelitian yang akan dibahas. Beberapa penelitian terdahulu yang menjadi rujukan dalam penelitian ini antara lain:

 

Tabel 2.1 Penelitian Terdahulu

No

Nama Peneliti

Judul Penelitian

Tahun Penelitian

Hasil Penelitian

1

Bonaventura Ega & Agung Budiatmo

Pengaruh Experiential Marketing & Emotional Branding Terhadap Repurchase Melalui  Brand Trust (Studi Kasus Pada Konsumen Garuda Indonesia di Kota Semarang)

2017

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh parsial maupun simultan antara experiental marketing, emotional branding, dan brand trust terhadap repurchase.

Berdasarkan hasil analisis regresi dua tahap yang menunjukkan bahwa brand trust merupakan variabel antara terhadap variabel repurchase. Maka melalui peningkatan ketiga aspek layanan tersebut dan akan mampu menghadirkan juga pengalaman terbaik bagi konsumen menjadikan tolak ukur timbul dan meningkat kan brand trust dalam benak konsumen dan hal tersebut  merupakan salah satu yang menjadi pertimbangan yang positif bagi konsumen dalam menjalin hubungan jangka panjang ke depan dengan merek melalui repurchase jasa.

2

Rizki Ichwan Pradana & Dra. Sri Suryoko, MSi

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Emotional Branding Terhadap Kepuasan Konsumen

2017

Hasil dari penelitian ini menyatkan bahwa kualitas pelayanan dan emotional branding terhadap beberapa pengaruh pada kepuasan.

Kualitas pelayanan dan konsep emotional branding memiliki hal kontribusi pengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 42,1%, kualitas pelayanan memiliki konstribusi juga sebesar 38,5% dan emotional branding sebesar 21,5% kualitas pelayanan dan emotional branding juga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan.

Penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan emotional branding secara parsial maupun simultan mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Permata Blora.

3

Meliana Putri Soenjaya

Pengaruh Experiential Marketing, Emotional Branding dan Brand Trust Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Loyalty Pada Maskapai Garuda Indonesia di Surabaya

2016

Hasil dari penelitian ini menunjukan experiential marketing & emotional branding dan brand loyalty memberikan pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty, dan brand loyalty memberikan pengaruh yang signifikan terhadap konsep purchase decision pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Konsumen merasa bahwa Garuda Indonesia dapat menciptakan pengalaman konsumen, emosi positif serta kepercayaan pada maskapai tersebut sehingga timbul loyalitas terhadap maskapai Garuda Indonesia dan berdampak pada keputusan pembelian konsumen.

4

Gunung Setiadi, Handoyo Djoko W dan Ngatno

Pengaruh Emotional Branding, Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan J.CO Java Mall Semarang

 

2015

Hasil dari penelitian ini bahwa emotional branding, nilai pelanggan dan citra merek secara bersama-sama (simultan) maupun partial mempengaruhi variabel-variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.

Berdasarkan hasil uji Sobel, terdapat pengaruh langsung konsep emotional branding terhadap tingkat loyalitas pelanggan lebih besar dibandingkan pengaruh secara tidak langsungnya.

Pengaruh langsung nilai pelanggan juga terhadap loyalitas pelanggan lebih besar dibanding pengaruh secra tidak langsungnya, begitupula juga dengan pengaruh langsung cita merek terhadap loyalitas pelanggan lebih besar dibanding pengaruh tidak langsungnya.

5

Yuda Wijanark, Sri Suryoko & Widiartanto

Pengaruh Emotional branding dan Experiential marketing Terhadap Loyalitas Merek Eiger Adventure Melalui Brand trust dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel

Intervening

2014

Penelitian ini menunjukan bahwa emotional branding, experiential marketing, brand trust dan kepuasan pelanggan secara parsial dan juga secara simultan ini mempengaruhi loyalitas merek Eiger Adventure.

Berdasarkan hasil tersebut Eiger Adventure harus meningkatkan konsep dari emotional branding, dan juga meningkatkan konsep  dari experiential marketing serta menjaga dan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan serta menjaga konsep emotional branding dan melakukan berbagai cara kegiatan agar meningkatkan experiential marketing guna menambah kepercayaan terhadap merek dan juga menjaga kepuasan dari pelanggan produk Eiger Adventure.

 

Berdasarkan Tabel 2.1 di atas persamaan penelitian terdahulu dengan penelitian yang akan peneliti lakukan adalah mengkaji mengenai pengaruh strategi emotional branding. Metode yang digunakan dalam penelitian sama-sama menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi pustaka.

Perbedaannya dalam penelitian terdahulu dengan penelitian yang akan peneliti lakukan terletak pada jumlah variabel, lokasi, teknik analisis data dan bidang kajiannya. Jumlah variabel yang akan diteliti dalam penelitian ini ada tiga yang meliputi (X) sebagai variabel bebas yaitu empat konsep dasar dari emotional branding yang meliputi hubungan, pengalaman pancaindera, imajinasi, dan visi. Adapun (Y) sebagai variabel terikat yang meliputi pelayanan (Y1) dan loyalitas konsumen maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta (Y2). Lokasi dalam penelitian ini adalah di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Perbedaan yang lain adalah dilihat dari teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dan melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis yang diajukan, di sini peneliti menggunakan teknik analisis data yaitu regresi linier sederhana dan uji hipotesis menggunakan Uji F. Sedangkan jika dilihat dari bidang kajianya, peneliti akan meneliti terhadap pelayanan dan loyalitas konsumen maskapai Lion air yang akan dinalisis pengaruhnya terhadap empat konsep dasar dari emotional branding yang meliputi hubungan, pengalaman pancaindera, imajinasi, dan visi.

EXAMPLES OF RELEVANT RESEARCH THE INFLUENCE OF EMOTIONAL BRANDING STRATEGY ON CONSUMER SERVICE AND LOYALTY (CONTOH PENELITIAN YANG RELEVAN PENGARUH STRATEGI EMOTIONAL BRANDING TERHADAP PELAYANAN DAN LOYALITAS KONSUMEN)

 



CONTOH PENELITIAN YANG RELEVAN PADA PENELITIAN


 Pengaruh Strategi Emotional Branding Terhadap Pelayanan dan Loyalitas Konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta”.


Penelitian relevan adalah suatu penelitian sebelumnya yang sudah pernah dibuat dan dianggap cukup relevan atau mempunyai keterkaitan dengan judul dan topik yang akan diteliti yang berguna untuk menghindari terjadinya pengulangan penelitian dengan pokok permasalahan yang sama. Penelitian relevan dalam penelitian juga bermakna berbagai referensi yang berhubungan dengan penelitian yang akan dibahas. Beberapa penelitian terdahulu yang menjadi rujukan dalam penelitian ini antara lain:

 

Tabel 2.1 Penelitian Terdahulu

No

Nama Peneliti

Judul Penelitian

Tahun Penelitian

Hasil Penelitian

1

Bonaventura Ega & Agung Budiatmo

Pengaruh Experiential Marketing & Emotional Branding Terhadap Repurchase Melalui  Brand Trust (Studi Kasus Pada Konsumen Garuda Indonesia di Kota Semarang)

2017

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh parsial maupun simultan antara experiental marketing, emotional branding, dan brand trust terhadap repurchase.

Berdasarkan hasil analisis regresi dua tahap yang menunjukkan bahwa brand trust merupakan variabel antara terhadap variabel repurchase. Maka melalui peningkatan ketiga aspek layanan tersebut dan akan mampu menghadirkan juga pengalaman terbaik bagi konsumen menjadikan tolak ukur timbul dan meningkat kan brand trust dalam benak konsumen dan hal tersebut  merupakan salah satu yang menjadi pertimbangan yang positif bagi konsumen dalam menjalin hubungan jangka panjang ke depan dengan merek melalui repurchase jasa.

2

Rizki Ichwan Pradana & Dra. Sri Suryoko, MSi

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Emotional Branding Terhadap Kepuasan Konsumen

2017

Hasil dari penelitian ini menyatkan bahwa kualitas pelayanan dan emotional branding terhadap beberapa pengaruh pada kepuasan.

Kualitas pelayanan dan konsep emotional branding memiliki hal kontribusi pengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 42,1%, kualitas pelayanan memiliki konstribusi juga sebesar 38,5% dan emotional branding sebesar 21,5% kualitas pelayanan dan emotional branding juga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan.

Penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan emotional branding secara parsial maupun simultan mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Permata Blora.

3

Meliana Putri Soenjaya

Pengaruh Experiential Marketing, Emotional Branding dan Brand Trust Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Loyalty Pada Maskapai Garuda Indonesia di Surabaya

2016

Hasil dari penelitian ini menunjukan experiential marketing & emotional branding dan brand loyalty memberikan pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty, dan brand loyalty memberikan pengaruh yang signifikan terhadap konsep purchase decision pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Konsumen merasa bahwa Garuda Indonesia dapat menciptakan pengalaman konsumen, emosi positif serta kepercayaan pada maskapai tersebut sehingga timbul loyalitas terhadap maskapai Garuda Indonesia dan berdampak pada keputusan pembelian konsumen.

4

Gunung Setiadi, Handoyo Djoko W dan Ngatno

Pengaruh Emotional Branding, Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan J.CO Java Mall Semarang

 

2015

Hasil dari penelitian ini bahwa emotional branding, nilai pelanggan dan citra merek secara bersama-sama (simultan) maupun partial mempengaruhi variabel-variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.

Berdasarkan hasil uji Sobel, terdapat pengaruh langsung konsep emotional branding terhadap tingkat loyalitas pelanggan lebih besar dibandingkan pengaruh secara tidak langsungnya.

Pengaruh langsung nilai pelanggan juga terhadap loyalitas pelanggan lebih besar dibanding pengaruh secra tidak langsungnya, begitupula juga dengan pengaruh langsung cita merek terhadap loyalitas pelanggan lebih besar dibanding pengaruh tidak langsungnya.

5

Yuda Wijanark, Sri Suryoko & Widiartanto

Pengaruh Emotional branding dan Experiential marketing Terhadap Loyalitas Merek Eiger Adventure Melalui Brand trust dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel

Intervening

2014

Penelitian ini menunjukan bahwa emotional branding, experiential marketing, brand trust dan kepuasan pelanggan secara parsial dan juga secara simultan ini mempengaruhi loyalitas merek Eiger Adventure.

Berdasarkan hasil tersebut Eiger Adventure harus meningkatkan konsep dari emotional branding, dan juga meningkatkan konsep  dari experiential marketing serta menjaga dan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan serta menjaga konsep emotional branding dan melakukan berbagai cara kegiatan agar meningkatkan experiential marketing guna menambah kepercayaan terhadap merek dan juga menjaga kepuasan dari pelanggan produk Eiger Adventure.

 

Berdasarkan Tabel 2.1 di atas persamaan penelitian terdahulu dengan penelitian yang akan peneliti lakukan adalah mengkaji mengenai pengaruh strategi emotional branding. Metode yang digunakan dalam penelitian sama-sama menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi pustaka.

Perbedaannya dalam penelitian terdahulu dengan penelitian yang akan peneliti lakukan terletak pada jumlah variabel, lokasi, teknik analisis data dan bidang kajiannya. Jumlah variabel yang akan diteliti dalam penelitian ini ada tiga yang meliputi (X) sebagai variabel bebas yaitu empat konsep dasar dari emotional branding yang meliputi hubungan, pengalaman pancaindera, imajinasi, dan visi. Adapun (Y) sebagai variabel terikat yang meliputi pelayanan (Y1) dan loyalitas konsumen maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta (Y2). Lokasi dalam penelitian ini adalah di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Perbedaan yang lain adalah dilihat dari teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dan melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis yang diajukan, di sini peneliti menggunakan teknik analisis data yaitu regresi linier sederhana dan uji hipotesis menggunakan Uji F. Sedangkan jika dilihat dari bidang kajianya, peneliti akan meneliti terhadap pelayanan dan loyalitas konsumen maskapai Lion air yang akan dinalisis pengaruhnya terhadap empat konsep dasar dari emotional branding yang meliputi hubungan, pengalaman pancaindera, imajinasi, dan visi.