Contoh Populasi dan Sample
“Pengaruh Strategi Emotional Branding Terhadap Pelayanan dan Loyalitas Konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta”
A. Populasi
dan Sampel
Proses penelitian harus mengumpulkan data sampai dengan
menganalisis data sehingga mendapatkan gambaran yang sesuai dengan yang
diharapkan dengan sumber data. Pada umumnya sumber data dalam penelitian
disebut populasi dan sampel penelitian.
1.
Populasi Penelitian
Menurut Sugiyono (2008:297) populasi diartikan sebagai
wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subyek yang mempunyai kualitas dan
karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan
ditarik kesimpulannya. Populasi juga bukan sekedar jumlah yang ada pada obyek atau subyek
yang dipelajari, tetapi meliputi seluruh karakteristik atau sifat yang dimiliki
oleh subyek atau obyek tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
jasa penerbangan maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto
Yogyakarta.
2.
Sampel Penelitian
Sampel adalah
sebagian dari subyek dalam populasi yang diteliti, yang sudah tentu mampu
secara representative dapat mewakili
populasinya (Sabar:2007). Teknik penelitian ini dimaksudkan
agar peneliti lebih mudah dalam pengambilan data, data tersebut diperbolehkan
untuk digunakan sebagai refleksi keadaan populasi secara keseluruhan.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Nonprobability
Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang
atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih
menjadi sampel dalam kategori Sampling
Purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu
(Sugiyono, 2015:124). Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
laki-laki dan perempuan usia produktif minimal 18 tahun dan sudah melakukan
perjalanan penerbangan dengan menggunakan maskapai Lion Air minimal 2 kali.
Roscoe dalam buku Research Methods for Business (1982:253)
memberikan saran-saran tentang ukuran sampel untuk penelitian salah satunya
yaitu ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah 30 sampai dengan 500
(Sugiyono, 2015:131). Sesuai dengan kutipan di atas, maka dalam penelitian ini
jumlah sampel ditentukan sebanyak 100 responden, yaitu konsumen yang
telah menggunakan jasa penerbangan maskapai Lion Air minimal 2 kali di Bandar
Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.