CONTOH POPULASI DAN SAMPLE NONPROBABILITY SAMPLING KATEGORI SAMPLING PURPOSIVE EMOTIONAL BRANDING - PURNAMA AVIATION BLOGGER'S -->

Halaman

    Social Items

 


Contoh Populasi dan Sample

Pengaruh Strategi Emotional Branding Terhadap Pelayanan dan Loyalitas Konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta


A.    Populasi dan Sampel

Proses penelitian harus mengumpulkan data sampai dengan menganalisis data sehingga mendapatkan gambaran yang sesuai dengan yang diharapkan dengan sumber data. Pada umumnya sumber data dalam penelitian disebut populasi dan sampel penelitian.

1.      Populasi Penelitian

Menurut Sugiyono (2008:297) populasi diartikan sebagai wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya. Populasi juga bukan sekedar jumlah yang ada pada obyek atau subyek yang dipelajari, tetapi meliputi seluruh karakteristik atau sifat yang dimiliki oleh subyek atau obyek tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen jasa penerbangan maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

 

2.      Sampel Penelitian

Sampel adalah sebagian dari subyek dalam populasi yang diteliti, yang sudah tentu mampu secara representative dapat mewakili populasinya (Sabar:2007). Teknik penelitian ini dimaksudkan agar peneliti lebih mudah dalam pengambilan data, data tersebut diperbolehkan untuk digunakan sebagai refleksi keadaan populasi secara keseluruhan.

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Nonprobability Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel dalam kategori Sampling Purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu (Sugiyono, 2015:124). Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu laki-laki dan perempuan usia produktif minimal 18 tahun dan sudah melakukan perjalanan penerbangan dengan menggunakan maskapai Lion Air minimal 2 kali.

Roscoe dalam buku Research Methods for Business (1982:253) memberikan saran-saran tentang ukuran sampel untuk penelitian salah satunya yaitu ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah 30 sampai dengan 500 (Sugiyono, 2015:131). Sesuai dengan kutipan di atas, maka dalam penelitian ini jumlah sampel ditentukan sebanyak 100 responden, yaitu konsumen yang telah menggunakan jasa penerbangan maskapai Lion Air minimal 2 kali di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.


CONTOH POPULASI DAN SAMPLE NONPROBABILITY SAMPLING KATEGORI SAMPLING PURPOSIVE EMOTIONAL BRANDING

 


Contoh Populasi dan Sample

Pengaruh Strategi Emotional Branding Terhadap Pelayanan dan Loyalitas Konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta


A.    Populasi dan Sampel

Proses penelitian harus mengumpulkan data sampai dengan menganalisis data sehingga mendapatkan gambaran yang sesuai dengan yang diharapkan dengan sumber data. Pada umumnya sumber data dalam penelitian disebut populasi dan sampel penelitian.

1.      Populasi Penelitian

Menurut Sugiyono (2008:297) populasi diartikan sebagai wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya. Populasi juga bukan sekedar jumlah yang ada pada obyek atau subyek yang dipelajari, tetapi meliputi seluruh karakteristik atau sifat yang dimiliki oleh subyek atau obyek tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen jasa penerbangan maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

 

2.      Sampel Penelitian

Sampel adalah sebagian dari subyek dalam populasi yang diteliti, yang sudah tentu mampu secara representative dapat mewakili populasinya (Sabar:2007). Teknik penelitian ini dimaksudkan agar peneliti lebih mudah dalam pengambilan data, data tersebut diperbolehkan untuk digunakan sebagai refleksi keadaan populasi secara keseluruhan.

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Nonprobability Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel dalam kategori Sampling Purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu (Sugiyono, 2015:124). Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu laki-laki dan perempuan usia produktif minimal 18 tahun dan sudah melakukan perjalanan penerbangan dengan menggunakan maskapai Lion Air minimal 2 kali.

Roscoe dalam buku Research Methods for Business (1982:253) memberikan saran-saran tentang ukuran sampel untuk penelitian salah satunya yaitu ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah 30 sampai dengan 500 (Sugiyono, 2015:131). Sesuai dengan kutipan di atas, maka dalam penelitian ini jumlah sampel ditentukan sebanyak 100 responden, yaitu konsumen yang telah menggunakan jasa penerbangan maskapai Lion Air minimal 2 kali di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.