CONTOH INSTRUMEN PENELITIAN SKALA LIKERT EMOTIONAL BRANDING - PURNAMA AVIATION BLOGGER'S -->

Halaman

    Social Items

 




Contoh Instrumen Penelitian dengan skala Likert

Pengaruh Strategi Emotional Branding Terhadap Pelayanan dan Loyalitas Konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta


Instrumen penelitian adalah segala peralatan yang digunakan untuk memperoleh dan mengolah informasi dari para responden yang dilakukan dengan pola pengukuran yang sama. Instrumen penelitian akan digunakan untuk melakukan pengukuran dengan tujuan menghasilkan data kuantitatif yang akurat, maka setiap instrumen harus mempunyai skala. (Sugiyono, 2015:133). Instrumen dalam penelitian ini digunakan untuk mengukur nilai variabel yang diteliti, dengan demikian instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan studi pustaka.

Penelitian ini menggunakan skala likert yang digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang, dalam penelitian poin-poin penting ini telah ditetapkan secara spesifik oleh peneliti, yang selanjutnya disebut sebagai variabel penelitian sehingga variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Kemudian indikator tersebut dijadikan sebagai titik tolak untuk menyusun item-item instrumen yang berupa pernyataan. Berikut ini adalah kisi-kisi instrumen dalam penelitian ini.

Tabel 3.1

Kisi-kisi instrumen penelitian untuk mengukur pengaruh strategi emotional branding terhadap pelayanan dan loyalitas konsumen maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

 

Variabel Penelitian

Indikator

No. item instrument

Skala Pengukuran

Strategi Emotional Branding

1.       Hubungan

2.       Pengalaman Pancaindera

3.       Imajinasi

4.       Visi

1, 2, 3, 4

5, 6, 7

 

8, 9

10,11

Skala Likert

Skala Likert

 

Skala Likert

Skala Likert

Pelayanan

1.       Ketepatan waktu pelayanan

2.       Akurasi pelayanan

3.       Sopan santun dan Keramahan

4.       Kemudahan mendapatkan pelayanan

5.       Kenyaman Konsumen

12

 

13

14

 

15

 

 

16

Skala Likert

Skala Likert

Skala Likert

 

Skala Likert

 

 

Skala Likert

 

Loyalitas Konsumen

1.       Membeli Ulang

2.       Membeli Di luar Lini Produk

3.       Tidak Pindah ke Merek Lain

4.       Merekomendasikan Kepada Orang Lain

 

17

18

 

19

 

20,21

Skala Likert

Skala Likert

 

Skala Likert

 

Skala Likert

 

Instrumen penelitian tentang pengaruh strategi emotional branding di atas dikembangkan dari beberapa indikator terutama mengenai pelayanan dan loyalitas konsumen yang dianalisis melalui empat konsep strategi emotional branding yaitu hubungan, pengalaman pancraindera, imajinasi dan visi. Oleh karena itu untuk mencapai kesuksesan mengenai pengukuran pengaruh strategi emotional branding yang akan diuji kepada konsumen maskapai Lion Air harus sesuai dengan variabel-variabel yang telah ditetapkan sebagai indikator utama.

Melalui kisi-kisi instrumen di atas, maka dapat digunakan untuk mengukur berapa besar pengaruh strategi emotional branding ini terhadap pelayanan dan tingkat loyalitas konsumen maskapai Lion Air. Seberapa besar pengaruh yang dihasilkan, dalam penelitian ini diukur dan diketahui secara perhitungan kuantitatif menggunakan teknik analisis uji regresi linier sederhana.

Menilai suatu pelayanan dan tingkat loyalitas konsumen akan lebih obyektif bila sumber data yang digunakan adalah dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh langsung dari penyebaran daftar pertanyaan atau kuisioner kepada 100 responden terpilih yang telah menggunakan jasa penerbangan maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto minimal 2 kali. Data sekunder yang akan digunakan dalam penelitian ini meliputi gambaran umum perusahaan/profil perusahaan maskapai Lion Air (sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan), mekanisme pelayanan dan loyalitas konsumen dan peraturan penerbangan yang didapat dari buku-buku teori, undang-undang penerbangan dan penelitian terdahulu.


CONTOH INSTRUMEN PENELITIAN SKALA LIKERT EMOTIONAL BRANDING

 




Contoh Instrumen Penelitian dengan skala Likert

Pengaruh Strategi Emotional Branding Terhadap Pelayanan dan Loyalitas Konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta


Instrumen penelitian adalah segala peralatan yang digunakan untuk memperoleh dan mengolah informasi dari para responden yang dilakukan dengan pola pengukuran yang sama. Instrumen penelitian akan digunakan untuk melakukan pengukuran dengan tujuan menghasilkan data kuantitatif yang akurat, maka setiap instrumen harus mempunyai skala. (Sugiyono, 2015:133). Instrumen dalam penelitian ini digunakan untuk mengukur nilai variabel yang diteliti, dengan demikian instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan studi pustaka.

Penelitian ini menggunakan skala likert yang digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang, dalam penelitian poin-poin penting ini telah ditetapkan secara spesifik oleh peneliti, yang selanjutnya disebut sebagai variabel penelitian sehingga variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Kemudian indikator tersebut dijadikan sebagai titik tolak untuk menyusun item-item instrumen yang berupa pernyataan. Berikut ini adalah kisi-kisi instrumen dalam penelitian ini.

Tabel 3.1

Kisi-kisi instrumen penelitian untuk mengukur pengaruh strategi emotional branding terhadap pelayanan dan loyalitas konsumen maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

 

Variabel Penelitian

Indikator

No. item instrument

Skala Pengukuran

Strategi Emotional Branding

1.       Hubungan

2.       Pengalaman Pancaindera

3.       Imajinasi

4.       Visi

1, 2, 3, 4

5, 6, 7

 

8, 9

10,11

Skala Likert

Skala Likert

 

Skala Likert

Skala Likert

Pelayanan

1.       Ketepatan waktu pelayanan

2.       Akurasi pelayanan

3.       Sopan santun dan Keramahan

4.       Kemudahan mendapatkan pelayanan

5.       Kenyaman Konsumen

12

 

13

14

 

15

 

 

16

Skala Likert

Skala Likert

Skala Likert

 

Skala Likert

 

 

Skala Likert

 

Loyalitas Konsumen

1.       Membeli Ulang

2.       Membeli Di luar Lini Produk

3.       Tidak Pindah ke Merek Lain

4.       Merekomendasikan Kepada Orang Lain

 

17

18

 

19

 

20,21

Skala Likert

Skala Likert

 

Skala Likert

 

Skala Likert

 

Instrumen penelitian tentang pengaruh strategi emotional branding di atas dikembangkan dari beberapa indikator terutama mengenai pelayanan dan loyalitas konsumen yang dianalisis melalui empat konsep strategi emotional branding yaitu hubungan, pengalaman pancraindera, imajinasi dan visi. Oleh karena itu untuk mencapai kesuksesan mengenai pengukuran pengaruh strategi emotional branding yang akan diuji kepada konsumen maskapai Lion Air harus sesuai dengan variabel-variabel yang telah ditetapkan sebagai indikator utama.

Melalui kisi-kisi instrumen di atas, maka dapat digunakan untuk mengukur berapa besar pengaruh strategi emotional branding ini terhadap pelayanan dan tingkat loyalitas konsumen maskapai Lion Air. Seberapa besar pengaruh yang dihasilkan, dalam penelitian ini diukur dan diketahui secara perhitungan kuantitatif menggunakan teknik analisis uji regresi linier sederhana.

Menilai suatu pelayanan dan tingkat loyalitas konsumen akan lebih obyektif bila sumber data yang digunakan adalah dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh langsung dari penyebaran daftar pertanyaan atau kuisioner kepada 100 responden terpilih yang telah menggunakan jasa penerbangan maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto minimal 2 kali. Data sekunder yang akan digunakan dalam penelitian ini meliputi gambaran umum perusahaan/profil perusahaan maskapai Lion Air (sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan), mekanisme pelayanan dan loyalitas konsumen dan peraturan penerbangan yang didapat dari buku-buku teori, undang-undang penerbangan dan penelitian terdahulu.