Contoh Instrumen Penelitian dengan skala Likert
“Pengaruh Strategi Emotional Branding Terhadap Pelayanan dan Loyalitas Konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta”
Instrumen penelitian adalah segala peralatan
yang digunakan untuk memperoleh dan mengolah informasi dari para responden yang
dilakukan dengan pola pengukuran yang sama. Instrumen penelitian akan digunakan untuk
melakukan pengukuran dengan tujuan menghasilkan data kuantitatif yang akurat,
maka setiap instrumen harus mempunyai skala. (Sugiyono, 2015:133). Instrumen dalam
penelitian ini digunakan untuk mengukur nilai variabel yang diteliti, dengan
demikian instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan
studi pustaka.
Penelitian ini menggunakan skala likert yang digunakan untuk mengukur
sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang, dalam penelitian
poin-poin penting ini telah ditetapkan secara spesifik oleh peneliti, yang
selanjutnya disebut sebagai variabel penelitian sehingga variabel yang akan
diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Kemudian indikator tersebut
dijadikan sebagai titik tolak untuk menyusun item-item instrumen yang berupa
pernyataan. Berikut ini adalah kisi-kisi instrumen dalam penelitian ini.
Tabel 3.1
Kisi-kisi
instrumen penelitian untuk mengukur pengaruh strategi emotional branding terhadap pelayanan dan loyalitas konsumen
maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.
Variabel Penelitian |
Indikator |
No. item instrument |
Skala Pengukuran |
Strategi Emotional Branding |
1.
Hubungan 2.
Pengalaman Pancaindera 3.
Imajinasi 4.
Visi |
1,
2, 3, 4 5,
6, 7 8,
9 10,11 |
Skala
Likert Skala
Likert Skala
Likert Skala
Likert |
Pelayanan |
1.
Ketepatan waktu pelayanan 2.
Akurasi pelayanan 3.
Sopan santun dan Keramahan 4.
Kemudahan mendapatkan pelayanan 5.
Kenyaman Konsumen |
12 13 14 15 16 |
Skala
Likert Skala
Likert Skala
Likert Skala
Likert Skala
Likert |
Loyalitas Konsumen |
1.
Membeli Ulang 2.
Membeli Di luar Lini Produk 3.
Tidak Pindah ke Merek Lain 4.
Merekomendasikan Kepada Orang Lain |
17 18 19 20,21 |
Skala
Likert Skala
Likert Skala
Likert Skala
Likert |
Instrumen penelitian tentang pengaruh
strategi emotional branding di atas
dikembangkan dari beberapa indikator terutama mengenai pelayanan dan loyalitas
konsumen yang dianalisis melalui empat konsep strategi emotional branding yaitu hubungan, pengalaman pancraindera,
imajinasi dan visi. Oleh karena itu untuk mencapai kesuksesan mengenai
pengukuran pengaruh strategi emotional
branding yang akan diuji kepada konsumen maskapai Lion Air harus sesuai
dengan variabel-variabel yang telah ditetapkan sebagai indikator utama.
Melalui kisi-kisi instrumen di atas,
maka dapat digunakan untuk mengukur berapa besar pengaruh strategi emotional branding ini terhadap
pelayanan dan tingkat loyalitas konsumen maskapai Lion Air. Seberapa besar
pengaruh yang dihasilkan, dalam penelitian ini diukur dan diketahui secara
perhitungan kuantitatif menggunakan teknik analisis uji regresi linier
sederhana.
Menilai suatu pelayanan dan tingkat
loyalitas konsumen akan lebih obyektif bila sumber data yang digunakan adalah
dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh langsung dari penyebaran
daftar pertanyaan atau kuisioner kepada 100 responden terpilih yang telah
menggunakan jasa penerbangan maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional
Adisutjipto minimal 2 kali. Data sekunder yang akan digunakan dalam penelitian
ini meliputi gambaran umum perusahaan/profil perusahaan maskapai Lion Air
(sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan), mekanisme pelayanan dan
loyalitas konsumen dan peraturan penerbangan yang didapat dari buku-buku teori,
undang-undang penerbangan dan penelitian terdahulu.