Contoh Langkah-Langkah Pengumpulan Data
“Pengaruh Strategi Emotional Branding Terhadap Pelayanan dan Loyalitas Konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta”
1.
Langkah-langkah
Pengumpulan Data
Langkah
penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah sebagai
berikut:
a. Tahap
Persiapan
1) Mengajukan
izin untuk melakukan penelitian serta permohonan untuk mendapatkan data dari
pihak Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.
2) Mengumpulkan
berbagai sumber data-data yang dapat menunjang penelitian dari berbagai
literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti, seperti dari
buku, jurnal, surat kabar dan penelitian terdahulu.
3) Mencari
partisipan yang bersedia untuk menjadi subjek penelitian.
4) Mempersiapkan
pertanyaan-pertanyaan kuesioner.
b. Tahap
Pelaksanaan
1) Membagikan
kuesioner dan melakukan wawancara dengan subjek penelitian sesuai dengan waktu
dan tempat yang telah ditentukan sebelumnya, dan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan pedoman kuesioner yang telah disusun dan
wawancara serta dibantu dengan alat perekam.
2) Mengambil
data dari hasil penyebaran kuesioner.
c. Tahap
Pengolahan Data
1) Memasukan
data ke dalam aplikasi Microsoft Excel untuk pengolahan distribusi dan aplikasi
SPSS untuk pengolahan uji validitas dan reliabilitas.
2) Menganalisa
data hasil kuesioner dengan SPSS
3) Melakukan
pembahasan berdasarkan hasil yang di dapatkan.
4) Pengambilan
kesimpulan.