Contoh Metode Pengumpulan Data
“Pengaruh Strategi Emotional Branding Terhadap Pelayanan dan Loyalitas Konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta”
1.
Metode
Pengumpulan Data
Pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan metode sebagai berikut:
a.
Metode Angket (Kuesioner)
Menurut
Sugiyono (2008:199) “Angket atau kuesioner merupakan teknik pengumpulan data
yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan
tertulis kepada responden untuk dijawab”. Skala yang digunakan dalam angket ini
adalah skala likert yang digunakan
untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang. Kuesioner
ini diberikan kepada 100 responden yang telah menggunakan jasa penerbangan
maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto minimal 2 kali.
Berikut digambarkan rentang skala pada model Likert:
Pernyataan
Sikap |
Sangat
Setuju |
Setuju |
Ragu-Ragu |
Tidak
Setuju |
Sangat
Tidak Setuju |
Positif |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
Negatif |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
Sumber: Sugiyono, (2015:135)
b. Studi
Pustaka
Studi pustaka
yang akan diambil dalam penelitian tentang Pengaruh Strategi Emotional Branding Terhadap Pelayanan
Dan Loyalitas Konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional
Adisutjipto Yoyakarta menggunakan bermacam-macam material yang terdapat diruang
kepustakaan, seperti pengertian dan konsep strategi emotional branding, gambaran umum perusahaan/profil perusahaan
seperti sejarah serta visi dan misi maskapai Lion Air, dokumen-dokumen data
tentang jumlah penumpang jasa penerbangan maskapai Lion Air di Bandar Udara
Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Undang-undang tentang Perlindungan
Konsumen, buku-buku teori dan penelitian terdahulu yang berkaitan masalah yang
relevan dengan penelitian.