Anda tahu bahwa kalimat dalam bahasa
Inggris harus memiliki subjek (subject) dan kata kerja
(verb). Jenis yang paling umum dalam pertanyaan
STRUCTURE TOEFL Test ialah mengenai subject dan verb: mungkin kata yang
dikosongkan, baik subject atau verb atau keduanya, atau mungkin kata yang
memiliki subject tambahan atau verb tambahan. Cara menjawab soal TOEFL
structure jenis ini, perhatikan beberapa contoh berikut.
Contoh 1:
_________ was backed up for miles on the freeway.
(A) Yesterday
(B) In the morning
(C) Traffic
(D) Cars
_________ was backed up for miles on the freeway.
(A) Yesterday
(B) In the morning
(C) Traffic
(D) Cars
Pembahasan Soal dan Jawaban
Dalam contoh di atas Anda melihat langsung bahwa ada sebuah kata kerja (verb), tapi tidak ada subjek. Jawaban (C) adalah jawaban yang tepat karena mengandung subjek tunggal "traffic" dan sesuai dengan kata kerja tunggal "was". Jawaban (A), "yesterday", dan jawaban (B), "in the morning", bukanlah subjek, karenanya keduanya tidak benar. Meskipun jawaban (D), "cars", bisa jadi subjek, itu pun tidak benar. Karena "cars" berbentuk jamak, sehingga tidak sesuai dengan kata kerja tunggal "was".
Dalam contoh di atas Anda melihat langsung bahwa ada sebuah kata kerja (verb), tapi tidak ada subjek. Jawaban (C) adalah jawaban yang tepat karena mengandung subjek tunggal "traffic" dan sesuai dengan kata kerja tunggal "was". Jawaban (A), "yesterday", dan jawaban (B), "in the morning", bukanlah subjek, karenanya keduanya tidak benar. Meskipun jawaban (D), "cars", bisa jadi subjek, itu pun tidak benar. Karena "cars" berbentuk jamak, sehingga tidak sesuai dengan kata kerja tunggal "was".
Contoh 2:
Engineers________ for work on the new space program.
(A) necessary
(B) are needed
(C) hopefully
(D) next month
Engineers________ for work on the new space program.
(A) necessary
(B) are needed
(C) hopefully
(D) next month
Pembahasan Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, bahwa kalimat di atas, Engineers sebagai subject, namun tidak ditemukan kata kerja (verb). Karenanya, jawaban (B) merupakan jawaban paling tepat. Karena "are needed" adalah kata kerja. Sedangkan, jawaban (A), (C), dan (D) bukanlah verb, sehingga bukanlah jawaban yang benar.
Dalam contoh ini, bahwa kalimat di atas, Engineers sebagai subject, namun tidak ditemukan kata kerja (verb). Karenanya, jawaban (B) merupakan jawaban paling tepat. Karena "are needed" adalah kata kerja. Sedangkan, jawaban (A), (C), dan (D) bukanlah verb, sehingga bukanlah jawaban yang benar.
Contoh 3:
Fitzgerald_______ the society of the 1920's in his novel, The Great Gatsby.
(A) reflect
(B) reflects
(C) are reflecting
(D) have reflected
Fitzgerald_______ the society of the 1920's in his novel, The Great Gatsby.
(A) reflect
(B) reflects
(C) are reflecting
(D) have reflected
Pembahasan Soal dan Jawaban
Fitzgerald merupakan subjek orang ketiga tunggal. Maka, kata kerja yang mengikutinya juga harus dalam bentuk tunggal. Karenanya, jawaban yang tepat ialah (B).
Fitzgerald merupakan subjek orang ketiga tunggal. Maka, kata kerja yang mengikutinya juga harus dalam bentuk tunggal. Karenanya, jawaban yang tepat ialah (B).
INGAT
Cara menjawab soal TOEFL Structure nomor ke-1 adalah "Pastikan Kesesuaian Kalimat yang Memiliki Subject dan Verb".
Cara menjawab soal TOEFL Structure nomor ke-1 adalah "Pastikan Kesesuaian Kalimat yang Memiliki Subject dan Verb".
RUMUS JAWABAN CARA 1
Perhatikan
Betul Objek (Object) dari Kata Depan (Preposition)
Preposisi selalu diikuti kata benda (noun), bukan kata kerja (verb). Kata benda tersebut
berlaku sebagai objek. Kata benda ini dapat berupa noun (kata benda), proper noun (nama), pronoun (kata ganti), noun group/noun
phrase (kelompok kata kerja), dan gerund (kata
kerja yang dibendakan). Cara menjawab soal TOEFL structure jenis ini,
perhatikan penjelasan berikut.
Preposisi yang diikuti kata benda
tersebut, seperti as, in, at, of, to, by, behind, on, dan sebagainya, untuk
membentuk frase preposisional. Daftar preposisi lainnya yang biasa digunakan
dapat Anda lihat dalam apendiks
Perhatikan kalimat berikut.
Perhatikan kalimat berikut.
(After his exams) Tom will take a trip
(by boat).
Kalimat di atas mengandung dua objek preposisi. Exams
(ujian) adalah objek dari preposisi after. Sedangkan boot (perahu) adalah objek
preposisi by.
Sebuah objek dari preposisi juga dapat menimbulkan
kebingungan dalam pertanyaan tes TOEFL
Perhatikan contoh berikut.
With his friend________ found the movie theater
(A) has
(B) he
(C) later
(D) when
With his friend________ found the movie theater
(A) has
(B) he
(C) later
(D) when
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, yang pertama kali harus Anda lihat adalah subject dan kata kerja (verb). Tampak bahwa found sebagai kata kerja, tapi tidak ditemukan adanya subjek. Jangan berpikir bahwa friend adalah subjek, namun friend adalah objek dari preposisi with. Sebab, satu kata benda tidak bisa menjadi subjek dan obyek sekaligus secara bersamaan. Karena yang dibutuhkan dalam pertanyaan di atas adalah mencari subjek, maka jawaban (B), he, adalah jawaban terbaik. Sedangkan (A), (C), dan (D) bukan jawaban yang benar, karena ketiganya tidak bisa menjadi subjek.
Dalam contoh ini, yang pertama kali harus Anda lihat adalah subject dan kata kerja (verb). Tampak bahwa found sebagai kata kerja, tapi tidak ditemukan adanya subjek. Jangan berpikir bahwa friend adalah subjek, namun friend adalah objek dari preposisi with. Sebab, satu kata benda tidak bisa menjadi subjek dan obyek sekaligus secara bersamaan. Karena yang dibutuhkan dalam pertanyaan di atas adalah mencari subjek, maka jawaban (B), he, adalah jawaban terbaik. Sedangkan (A), (C), dan (D) bukan jawaban yang benar, karena ketiganya tidak bisa menjadi subjek.
INGAT
Cara menjawab soal TOEFL Structure nomor ke-2 adalah "Perhatikan Betul Objek (Object) dari Kata Depan (Preposition)". Strategi dan penjelasan lengkapnya dapat dilihat di software belajar TOEFL. Silakan download software Genius TOEFL.
Cara menjawab soal TOEFL Structure nomor ke-2 adalah "Perhatikan Betul Objek (Object) dari Kata Depan (Preposition)". Strategi dan penjelasan lengkapnya dapat dilihat di software belajar TOEFL. Silakan download software Genius TOEFL.
RUMUS JAWABAN CARA 2
Berikut ini rumus pembentukan preposisi.
( [Subject+Verb] + Prepositions + Noun )
Tips dan Strategi:
Sebuah preposisi selalu diikuti kata benda (noun, pronoun, gerund), bukan kata kerja (verb)
Sebuah preposisi selalu diikuti kata benda (noun, pronoun, gerund), bukan kata kerja (verb)
Hati-hati
terhadap Appositive
Peserta tes TOEFL dapat terjebak oleh pertanyaan
kalimat "appositive" dalam Structure and Written Expression TOEFL Test.
Pasalnya, kita bisa saja keliru menentukan subjek dalam kalimat appositive.
Appositive merupakan kata benda (noun) yang datang sebelum
atau sesudah kata benda lain, namun memiliki keterikatan sebagai status yang
sama. Cara menjawab soal TOEFL structure jenis ini, perhatikan kalimat
berikut.
Sally, the best student in
the class, got an A on the exam.
(Sally, siswa terbaik di kelas, mendapat nilai A pada ujian)
(Sally, siswa terbaik di kelas, mendapat nilai A pada ujian)
Dalam kalimat di atas, Sally sebagai subjek. Sedangkan,
the best student in the class adalah sebagai frase appositive. Sebab, student
adalah kata benda (noun) dan dipisahkan oleh tanda koma. Kalimat di atas
menunjukkan bahwa Sally dan the best student in the class adalah orang yang
sama (Sally = student). Jika kita membuang kalimat appositivenya, akan jadi
"Sally got an A on the exam" (Sally mendapat nilai A dalam
ujian).
Perhatikan contoh berikut ini, bagaimana sebuah
appositive dapat membingungkan dalam menentukan subjek pada pertanyaan
Structure pada tes TOEFL.
Contoh 1:
_________, George, is attending the lecture.
(A) Right now
(B) Happily
(C) Because of the time
(D) My friend
_________, George, is attending the lecture.
(A) Right now
(B) Happily
(C) Because of the time
(D) My friend
Pembahasan Soal dan Jawaban
Dalam contoh di atas, Anda harus mengenali dari koma bahwa George bukan subjek kalimat. George adalah appositive. Karena kalimat ini masih perlu subjek. Maka, jawabannya yang tepat adalah (D), My friend. Sedangkan, Jawaban (A), (B), dan (C) tidak benar karena ketiganya tidak dapat menjadi subjek.
Dalam contoh di atas, Anda harus mengenali dari koma bahwa George bukan subjek kalimat. George adalah appositive. Karena kalimat ini masih perlu subjek. Maka, jawabannya yang tepat adalah (D), My friend. Sedangkan, Jawaban (A), (B), dan (C) tidak benar karena ketiganya tidak dapat menjadi subjek.
Perhatikan contoh berikutnya, yang menunjukkan bahwa
appositive tidak selalu datang setelah subjek; sebuah appositive juga bisa
datang pada awal kalimat.
Contoh 2:
__________ , Sarah rarely misses her basketball shots.
(A) An excellent basketball player
(B) An excellent basketball player is
(C) Sarah is an excellent basketball player
(D) Her excellent basketball play
__________ , Sarah rarely misses her basketball shots.
(A) An excellent basketball player
(B) An excellent basketball player is
(C) Sarah is an excellent basketball player
(D) Her excellent basketball play
Pembahasan Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, menunjukkan bahwa Sarah adalah subjek, dan misses adalah kata kerja karena tidak dipisahkan oleh koma. Untuk menentukan jawabannya, Anda harus mencari dan menempatkan appositive untuk Sarah. Maka, An excellent basketball player (Sarah adalah pemain basket yang ulung) sebagai jawaban yang tepat (A). Sedangkan, (B) dan (C) tidak benar, karena keduanya berisi kata kerja (to be) is. Padahal, appositive tidak membutuhkan kata kerja. Sementara, (D) berisi kata benda, play, yang mungkin bisa menjadi appositive, tapi play menunjukkan status dari Sarah, jadi jawaban ini tidak benar.
Dalam contoh ini, menunjukkan bahwa Sarah adalah subjek, dan misses adalah kata kerja karena tidak dipisahkan oleh koma. Untuk menentukan jawabannya, Anda harus mencari dan menempatkan appositive untuk Sarah. Maka, An excellent basketball player (Sarah adalah pemain basket yang ulung) sebagai jawaban yang tepat (A). Sedangkan, (B) dan (C) tidak benar, karena keduanya berisi kata kerja (to be) is. Padahal, appositive tidak membutuhkan kata kerja. Sementara, (D) berisi kata benda, play, yang mungkin bisa menjadi appositive, tapi play menunjukkan status dari Sarah, jadi jawaban ini tidak benar.
INGAT
Cara menjawab soal TOEFL Structure nomor ke-3 adalah "Hati-hati terhadap Appositive". Strategi dan penjelasan lengkapnya dapat dilihat di software belajar TOEFL. Silakan download software Genius TOEFL.
Cara menjawab soal TOEFL Structure nomor ke-3 adalah "Hati-hati terhadap Appositive". Strategi dan penjelasan lengkapnya dapat dilihat di software belajar TOEFL. Silakan download software Genius TOEFL.
RUMUS JAWABAN CARA 3
Perhatikan bagan berikut sebagai rumus pembentukan
appositive:
Hati-hati
terhadap Present Participle
Present participle adalah bentuk -ing
dari kata kerja (seperti: playing, talking). Dalam pertanyaan Structure pada
tes TOEFL, present participle dapat membingungkan Anda. Sebab, bisa saja berupa
bagian dari kata kerja (verb)atau kata sifat (adjective). Cara menjawab
soal TOEFL structure jenis ini, perhatikan dua hal berikut.
A. Kata Kerja (Verb)
Ia dapat menjadi kata kerja ketika didahului oleh verb be/to be.
The man is talking to his friend.
verb
(Pria itu sedang berbicara dengan temannya)
Ia dapat menjadi kata kerja ketika didahului oleh verb be/to be.
The man is talking to his friend.
verb
(Pria itu sedang berbicara dengan temannya)
Dalam kalimat ini talking adalah
bagian dari kata kerja karena disertai dengan is.
B. Kata Sifat (Adjective)
Present participle dapat menjadi kata sifat apabila tidak disertai dengan beberapa bentuk kata kerja be/to be.
The woman working as an english teacher is very beautiful
Adjective
(Wanita yang bekerja sebagai guru bahasa Inggris tersebut sangat cantik.)
Present participle dapat menjadi kata sifat apabila tidak disertai dengan beberapa bentuk kata kerja be/to be.
The woman working as an english teacher is very beautiful
Adjective
(Wanita yang bekerja sebagai guru bahasa Inggris tersebut sangat cantik.)
Dalam kalimat di atas, working adalah
kata sifat dan bukan bagian dari kata kerja, karena tidak disertai dengan
bentuk be/to be.
Perhatikan contoh berikut ini, bagaimana present
participle ini dapat membingungkan peserta dalam pertanyaan Structure pada tes
TOEFL®.
The child_________ playing in
the yard is my son.
(A) now
(B) is
(C) he
(D) was
(A) now
(B) is
(C) he
(D) was
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, jika Anda melihat selintas dari awal kalimat, tampak bahwa child adalah subjek dan playing merupakan kata kerja. Jika Anda berpikir bahwa playing merupakan bagian dari kata kerja, Anda kemungkinan memilih jawaban (B), is, atau jawaban (D), was, untuk menyempurnakan kata kerja. Padahal, kedua jawaban tersebut tidak benar, karena playing bukan bagian dari kata kerja. Anda harus menyadari bahwa playing adalah participle adjective, karena ada verb lain dalam kalimat ini, yaitu is. Maka, dalam kalimat ini, sudah ada subjek (child) dan kata kerja (is), jadi kalimat ini tidak membutuhkan subjek atau kata kerja lainnya. Karenanya, jawaban yang tepat ialah (A).
Dalam contoh ini, jika Anda melihat selintas dari awal kalimat, tampak bahwa child adalah subjek dan playing merupakan kata kerja. Jika Anda berpikir bahwa playing merupakan bagian dari kata kerja, Anda kemungkinan memilih jawaban (B), is, atau jawaban (D), was, untuk menyempurnakan kata kerja. Padahal, kedua jawaban tersebut tidak benar, karena playing bukan bagian dari kata kerja. Anda harus menyadari bahwa playing adalah participle adjective, karena ada verb lain dalam kalimat ini, yaitu is. Maka, dalam kalimat ini, sudah ada subjek (child) dan kata kerja (is), jadi kalimat ini tidak membutuhkan subjek atau kata kerja lainnya. Karenanya, jawaban yang tepat ialah (A).
INGATLAH
RUMUS JAWABAN CARA 4
PRESENT PARTICIPLE
Present participle adalah bentuk -ing dari verb. Present
participle dapat menjadi (1) bagian dari kata kerja atau (2) adjective. Ia
dapat menjadi kata kerja ketika didahului oleh verb be/to be. Ia dapat menjadi
kata sifat (adjective) apabila tidak disertai dengan bentuk kata kerja be/to
be.
1. Verb
: The boy is standing in
the corner. (Anak laki-laki itu sedang berdiri di sudut)
2. Adjective : The boy standing in the corner was naughty. (Anak laki-laki yang berdiri di sudut itu nakal)
2. Adjective : The boy standing in the corner was naughty. (Anak laki-laki yang berdiri di sudut itu nakal)
Hati-hati
terhadap Past Participle
Past participle dapat menyebabkan
kebingungan dalam struktur pertanyaan pada tes TOEFL karena past participle
dapat berupa kata sifat atau bagian dari kata kerja. Past participle adalah
bentuk kata kerja (verb) yang
muncul/didahului be (am, is, are, was, were) dan have (have, has, had).
Biasanya, pembentukannya diakhiri -ed (offered, listed, suspected, etc.) ,
tetapi ada juga banyak past participle tak beraturan dalam bahasa Inggris (lihat
daftarnya dalam Appendix software Genius TOEFL). Cara menjawab soal TOEFL
structure jenis ini, perhatikan dua point berikut.
A. Verb
The family has purchased a television. (Keluarga itu telah membeli sebuah televisi)
The poem was written by Paul. (Puisi itu telah ditulis oleh Paul)
The family has purchased a television. (Keluarga itu telah membeli sebuah televisi)
The poem was written by Paul. (Puisi itu telah ditulis oleh Paul)
Pada kalimat pertama bentuk past participle
"purchased" merupakan bagian dari kata kerja karena di dahului oleh
have (has). Sementara yang kedua, past participle "written"
juga merupakan bagian dari kata kerja karena di dahului oleh be (was).
B. Adjective
Past participle dapat menjadi kata sifat apabila tidak disertai/didahului bentuk be atau have.
Past participle dapat menjadi kata sifat apabila tidak disertai/didahului bentuk be atau have.
The television purchased yesterday was expensive. (Televisi
yang dibeli kemarin mahal)
The poem written by Paul appeared in the magazine. (Puisi yang ditulis oleh Paul mucul di majalah)
The poem written by Paul appeared in the magazine. (Puisi yang ditulis oleh Paul mucul di majalah)
Dalam kalimat pertama, purchased adalah adjective, bukan
verb, karena tidak disertai bentuk be atau have (dan ada sebuah verb,
"was", dalam kalimat berikutnya). Dalam kalimat kedua, written adalah
adjective, bukan verb, karena tidak disertai bentuk be atau have (dan ada
sebuah kata kerja, "appeared", dalam kalimat berikutnya).
Perhatikan contoh berikut ini, bagaimana past participle
dapat membingungkan peserta dalam pertanyaan Structure pada tes TOEFL.
The bread _________ baked this morning smelled delicious.
(A) has
(B) was
(C) it
(D) just
The bread _________ baked this morning smelled delicious.
(A) has
(B) was
(C) it
(D) just
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh di atas, jika melihat beberapa kata pertama dari kalimat, tampak bahwa bread adalah subyek dan baked sebagai kata kerja lengkap atau past participle yang membutuhkan kata kerja pembantu. Padahal, jika dilihat lagi dalam kalimat, Anda akan melihat kata kerja smelled. Anda kemudian akan menyadari bahwa baked adalah kata sifat participial (adjective participial), sehingga ia bukanlah bagian dari kata kerja. Karenanya, jawaban (A) dan (B) tidak benar, sebab baked adalah kata sifat dan tidak membutuhkan kata kerja pembantu seperti has atau was. Jawaban (C) tidak benar karena tidak membutuhkan untuk subjek it. Jawaban (D) adalah jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini. The bread just baked this morning smelled delicious. (Roti yang dibakar pagi ini tercium nikmat).
Dalam contoh di atas, jika melihat beberapa kata pertama dari kalimat, tampak bahwa bread adalah subyek dan baked sebagai kata kerja lengkap atau past participle yang membutuhkan kata kerja pembantu. Padahal, jika dilihat lagi dalam kalimat, Anda akan melihat kata kerja smelled. Anda kemudian akan menyadari bahwa baked adalah kata sifat participial (adjective participial), sehingga ia bukanlah bagian dari kata kerja. Karenanya, jawaban (A) dan (B) tidak benar, sebab baked adalah kata sifat dan tidak membutuhkan kata kerja pembantu seperti has atau was. Jawaban (C) tidak benar karena tidak membutuhkan untuk subjek it. Jawaban (D) adalah jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini. The bread just baked this morning smelled delicious. (Roti yang dibakar pagi ini tercium nikmat).
INGATLAH
Cara menjawab soal TOEFL Structure nomor
ke-5 adalah "Hati-hati
terhadap Past Participle". Strategi dan penjelasan lengkapnya
dapat dilihat di software belajar TOEFL. Silakan download software
Genius TOEFL.
RUMUS JAWABAN CARA 5
PAST PARTICIPLE
Past Participle sering berakhiran -ed, tapi perlu
diketahui bahwa banyak bentuk past participle yang tidak beraturan
(irregular). Banyak kata kerja termasuk yang berkhiran -ed dapat
membingungkan, apakah verb itu simple past atau past participle. Kata kerja
berakhiran -ed bisa saja merupakan (1) simple past, (2) past participle, dan
(3) adjective.
1. She painted this picture. (Dia telah
melukis gambar ini)
2. She has painted this picture. (Dia telah melukis gambar ini)
3. The picture painted by Karen is now in a museum. (Gambar yang dilukis oleh Karen sekarang ada di musium)
2. She has painted this picture. (Dia telah melukis gambar ini)
3. The picture painted by Karen is now in a museum. (Gambar yang dilukis oleh Karen sekarang ada di musium)
Gunakan
Kata Penghubung (Coordinate Connector) dengan Benar
Banyak kalimat dalam bahasa Inggris mempunyai lebih dari
1 klausa (clause):
1. I am learning.
2. Mom is cooking, and dad is working in the garden.
3. The girl who is looking at me is my neighbour.
1. I am learning.
2. Mom is cooking, and dad is working in the garden.
3. The girl who is looking at me is my neighbour.
Kalimat no 1, hanya mempunyai 1 klausa. Sementara kalimat
no 2, pada kalimat terakhir mempunyai 2 klausa, yaitu "mom is
cooking" dan "dad is working in the garden". Sedangkan no
3, ada 2 klausa, yaitu "the girl is my neighbor" dan "who
is looking at me".
Dari contoh di atas dapat kita simpulkan bahwa klausa
merupakan bagian dari kalimat atau kalimat itu sendiri yang mempunyai satu
subjek dan satu verb. Umumnya diartikan bahwa klausa itu
merupakan sekumpulan kata yang berisi sebuah subjek dan sebuah verb.
Pada kunci ini akan dipelajari mengenai bentuk-bentuk kata penghubung (coordinate connector) serta penggunaannya dalam kalimat. Coordinate connector digunakan untuk menghubungkan antara satu klausa dengan klausa lain yang menggunakan and, but, or, so, yet, dan tanda koma (,). Perhatikan kata yang digarisbawahi pada contoh berikut.
Pada kunci ini akan dipelajari mengenai bentuk-bentuk kata penghubung (coordinate connector) serta penggunaannya dalam kalimat. Coordinate connector digunakan untuk menghubungkan antara satu klausa dengan klausa lain yang menggunakan and, but, or, so, yet, dan tanda koma (,). Perhatikan kata yang digarisbawahi pada contoh berikut.
·
Tom
is singing, and Paul is dancing. (Tom sedang bernyanyi,
dan Paul sedang menari)
·
Tom
is tall, but Paul is short. (Tom itu tinggi, tapi Paul
itu pendek)
·
Tom
must write the letter, or Paul will do it. (Tom harus
menulis surat, atau paul yang akan melakukannya)
·
Tom
told a joke, so Paul laughed. (Tom menceritakan lelucon,
maka Paul tertawa)
·
Tom
is tired, yet he is not going to sleep. (Tom lelah, dia
belum juga berangkat tidur)
Perhatikan contoh soal Structure dalam tes TOEFL berikut
ini.
A power failure occured, _______ the lamps went out. (Terjadi gangguan tenaga (listrik), maka lampu mati.)
(A) then
(B) so
(C) later
(C) next
A power failure occured, _______ the lamps went out. (Terjadi gangguan tenaga (listrik), maka lampu mati.)
(A) then
(B) so
(C) later
(C) next
Pembahasan Soal dan Jawaban
Dari kalimat di atas dapat kita ketahui bahwa kalimat tersebut mempunyai dua klausa "a power failure occured" dan "the lamps went out". Jadi kalimat tersebut butuh sebuah coordinate connector untuk menghubungkan ke dua klausa tersebut. Dari pilihan jawaban yang ada hanya 1 bentuk connector yaitu so. Jadi jawaban paling tepat adalah (B), so.
Dari kalimat di atas dapat kita ketahui bahwa kalimat tersebut mempunyai dua klausa "a power failure occured" dan "the lamps went out". Jadi kalimat tersebut butuh sebuah coordinate connector untuk menghubungkan ke dua klausa tersebut. Dari pilihan jawaban yang ada hanya 1 bentuk connector yaitu so. Jadi jawaban paling tepat adalah (B), so.
INGATLAH
Cara menjawab soal TOEFL Structure nomor
ke-6 adalah "Gunakan
Kata Penghubung (Coordinate Connector) dengan Benar". Strategi
dan penjelasan lengkapnya dapat dilihat di software belajar TOEFL.
Silakan download software
Genius TOEFL.
RUMUS JAWABAN CARA 6
Perhatikan tabel berikut
tentang rumus pembentukan kalimat menggunakan kata penghubung
Gunakan
Kata Penghubung Keterangan Waktu dan Penyebab (Time and Cause Connector) dengan
Benar
Kalimat yang menggunakan klausa dari klausa keterangan waktu mempunyai
2 pola dasar:
I will sign the check before you leave. (Saya akan
menandatangani cek sebelum kamu pergi)
Before you leave, I will sign the check. (Sebelum kamu pergi, saya akan menandatangani cek)
Before you leave, I will sign the check. (Sebelum kamu pergi, saya akan menandatangani cek)
Tiap contoh di atas, terdapat 2 klausa: "you
leave" dan "I will sign the check". Dari kedua klausa tersebut,
sebagai klausa keterangan waktu (adverb time clause)-nya yaitu "you
leave", karena didahului kata penghubung keterangan waktu (adverb time
connector) "before". Dalam pola ini, ketika adverb time connector berada di depan
kalimat, diperlukan tanda koma (,) di tengah kalimat.
Contoh di bawah ini menggambarkan bagaimana pola kalimat
ini dijadikan sebagai soal dalam test Structure TOEFL.
_______ was late, I missed the
appointment. (______terlambat, saya kehilangan janji)
(A) I
(B) Because
(C) The train
(D) Since he
(A) I
(B) Because
(C) The train
(D) Since he
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dari kalimat di atas dapat kita ketahui bahwa kalimat tersebut mempunyai kata kerja/verb was yang membutuhkan subjek. Juga terdapat klausa yang lain I missed the appointment. Jika memilih jawaban (A) I atau (C) The train maka jawaban Anda tidak tepat, karena hanya menyediakan subjek untuk kata kerja was, sementara connector untuk kedua klausa tersebut Anda abaikan. Untuk jawaban (B) because, hanya menyediakan connector, sehingga bukan jawaban tepat. Jawaban paling memungkinkan yaitu (D) Since he (sejak dia). He sebagai subjek dari verb was: he was late dan since sebagai connector yang menghubungkan dua klausa he was late dan I miss the appointment.
Dari kalimat di atas dapat kita ketahui bahwa kalimat tersebut mempunyai kata kerja/verb was yang membutuhkan subjek. Juga terdapat klausa yang lain I missed the appointment. Jika memilih jawaban (A) I atau (C) The train maka jawaban Anda tidak tepat, karena hanya menyediakan subjek untuk kata kerja was, sementara connector untuk kedua klausa tersebut Anda abaikan. Untuk jawaban (B) because, hanya menyediakan connector, sehingga bukan jawaban tepat. Jawaban paling memungkinkan yaitu (D) Since he (sejak dia). He sebagai subjek dari verb was: he was late dan since sebagai connector yang menghubungkan dua klausa he was late dan I miss the appointment.
INGATLAH
Cara menjawab soal TOEFL Structure nomor
ke-7 adalah "Gunakan
Kata Penghubung Keterangan Waktu dan Penyebab (Time and Cause Connector) dengan
Benar". Strategi dan penjelasan lengkapnya dapat dilihat di
software belajar TOEFL. Silakan download software
Genius TOEFL.
RUMUS JAWABAN CARA 7
Diagram pembentukan kata penghubung adverb time dan
cause:
Gunakan
Adverb Connector Lainnya dengan Benar
Klausa adverbia dapat mengekspresikan ide-ide waktu dan
penyebab, seperti yang Anda lihat pada Cara ke-7; klausa adverbia juga
dapat mengungkapkan sejumlah ide lain, seperti berlawanan (contrast), kondisi
(condition), cara (manner), dan tempat (place). Karena klausul ini klausa
adverbia, mereka memiliki struktur yang sama seperti waktu dan menyebabkan
klausul dalam cara ke-7. Cara menjawab soal TOEFL structure jenis ini,
perhatikan kalimat berikut.
Pelajari contoh berikut:
I will leave at 7:00 if I am ready. (Saya akan pergi jam 7:00 jika saya siap)
Although I was late, I managed to catch the train. (Meski saya telat, saya berusaha untuk mendapatkan kereta)
I will leave at 7:00 if I am ready. (Saya akan pergi jam 7:00 jika saya siap)
Although I was late, I managed to catch the train. (Meski saya telat, saya berusaha untuk mendapatkan kereta)
Dalam masing-masing contoh, ada dua klausul yang benar
terhubung dengan adverb connector. Pada kalimat pertama, adverb condition
connector if datang di tengah-tengah kalimat. Dalam kalimat kedua, adverb
contrast connector Although datang pada awal kalimat, dan koma (,) digunakan di
tengah-tengah kalimat.
Contoh berikut menunjukkan bagaimana pola kalimat ini
dapat diujikan dalam soal Struktur tes TOEFL.
You will get a good grade on the exam
provided_______.
(Kamu akan mendapatkan nilai bagus pada ujian asalkan _______.)
(A) studying.
(B) study.
(C) to study.
(D) you study.
(Kamu akan mendapatkan nilai bagus pada ujian asalkan _______.)
(A) studying.
(B) study.
(C) to study.
(D) you study.
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini Anda harus segera melihat adverb condition connector "provided". Connector ini datang di tengah-tengah kalimat dan connector itu harus diikuti dengan subjek dan kata kerja. Maka, jawaban terbaik dari soal ini adalah (D), yang berisi subjek dan kata kerja "you study" (kamu belajar).
Dalam contoh ini Anda harus segera melihat adverb condition connector "provided". Connector ini datang di tengah-tengah kalimat dan connector itu harus diikuti dengan subjek dan kata kerja. Maka, jawaban terbaik dari soal ini adalah (D), yang berisi subjek dan kata kerja "you study" (kamu belajar).
INGATLAH
Cara menjawab soal TOEFL Structure nomor
ke-8 adalah "Gunakan
Adverb Connector Lainnya dengan Benar". Strategi dan penjelasan
lengkapnya dapat dilihat di software belajar TOEFL. Silakan download software
Genius TOEFL.
RUMUS JAWABAN CARA 8
Pelajari tabel berikut yang berisi keterangan jenis
adverbia connector lainnya dan cara pembentukan pola kalimatnya.
Gunakan
Kata Penghubung Klausa Kata Benda dengan Benar (Noun Clause Connector)
Noun clause merupakan sebuah bentuk klausa yang
berfungsi sebagai kata benda (noun), yang berarti bisa
menduduki sebagai subjek atau objek dari kata kerja (verb) atau objek
dari preposition (kata depan). Cara
menjawab soal TOEFL structure and written expression,
klausa kata benda ini harus dilihat posisinya terlebih dahulu sebagaimana dalam
beberapa contoh berikut.
1. I know when he will
arrive. (Saya tahu kapan dia akan tiba)
Keterangan: Noun clause sebagai objek dari verb
2. I am concerned about when he will arrive. (Saya kuatir mengenai kapan dia akan datang)
Keterangan: Noun clause sebagai objek dari preposition
3. When he will arrive is not important. (Kapan dia akan datang, tidak penting)
Keterangan: Noun clause sebagai subjek kalimat
Keterangan: Noun clause sebagai objek dari verb
2. I am concerned about when he will arrive. (Saya kuatir mengenai kapan dia akan datang)
Keterangan: Noun clause sebagai objek dari preposition
3. When he will arrive is not important. (Kapan dia akan datang, tidak penting)
Keterangan: Noun clause sebagai subjek kalimat
Pada contoh No.1, terdapat dua klausa, I know dan he will
arrive. Kedua klausa ini dihubungkan oleh connector (kata penghubung) when.
When mengubah klausa he will arrive menjadi sebuah noun clause yang berfungsi
sebagai objek dari kata kerja know.
Pada contoh No.2, kedua klausa I know dan he will arrive yang dihubungkan oleh connector when. When mengubah klausa he will arrive menjadi sebuah noun clause yang berfungsi sebagai objek dari preposition about.
Pada contoh No.3 lebih sulit. Pada contoh ini, ada dua klausa tapi ini agak sulit dikenali. He will arrive adalah salah satu klausanya, dan penghubung when mengubahnya menjadi klausa kata benda yang berfungsi sebagai subyek kalimat. Kesimpulannya, when he will arrive menjadi klausa kata benda (noun clause) sebagai subyek, sedangkan is sebagai kata kerja.
Pada contoh No.2, kedua klausa I know dan he will arrive yang dihubungkan oleh connector when. When mengubah klausa he will arrive menjadi sebuah noun clause yang berfungsi sebagai objek dari preposition about.
Pada contoh No.3 lebih sulit. Pada contoh ini, ada dua klausa tapi ini agak sulit dikenali. He will arrive adalah salah satu klausanya, dan penghubung when mengubahnya menjadi klausa kata benda yang berfungsi sebagai subyek kalimat. Kesimpulannya, when he will arrive menjadi klausa kata benda (noun clause) sebagai subyek, sedangkan is sebagai kata kerja.
When he will arrive (subjek)
When: connector
he: subjek
will arrive: verb dari klausa he will arrive
is: verb dari kalimat
When: connector
he: subjek
will arrive: verb dari klausa he will arrive
is: verb dari kalimat
Perhatikan contoh di bawah ini, menggambarkan bagaimana
pola kalimat ini dijadikan sebagai soal dalam tes Structure TOEFL.
________was late caused many
problems.
(A) That he
(B) The driver
(C) There
(D) Because
(A) That he
(B) The driver
(C) There
(D) Because
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dapat segera diketahui bahwa kalimat di atas mempunyai 2 verb (was dan caused) dan setiap verb butuh subjek. Sementara dari kalimat di atas tidak nampak satu pun subjek. Jadi kita butuh 2 subjek. Jawaban (D) Because, jelas salah karena bukan subjek. (C) dan (D) hanya punya 1 subjek. Jadi pilihan jawaban paling tepat yaitu: (A) That he. He merupakan subjek dari was. Sementara that menjadi connector yang menjadikan status he was late menjadi subjek dari verb caused. Perhatikan:
He was late.
It caused many problems.
That he was late caused many problems. (Faktanya bahwa dia terlambat menyebabakan banyak masalah)
Dapat segera diketahui bahwa kalimat di atas mempunyai 2 verb (was dan caused) dan setiap verb butuh subjek. Sementara dari kalimat di atas tidak nampak satu pun subjek. Jadi kita butuh 2 subjek. Jawaban (D) Because, jelas salah karena bukan subjek. (C) dan (D) hanya punya 1 subjek. Jadi pilihan jawaban paling tepat yaitu: (A) That he. He merupakan subjek dari was. Sementara that menjadi connector yang menjadikan status he was late menjadi subjek dari verb caused. Perhatikan:
He was late.
It caused many problems.
That he was late caused many problems. (Faktanya bahwa dia terlambat menyebabakan banyak masalah)
INGATLAH
Cara menjawab soal TOEFL Structure nomor
ke-9 adalah "Gunakan
Kata Penghubung Klausa Kata Benda dengan Benar (Noun Clause Connector)".
Strategi dan penjelasan lengkapnya dapat dilihat di software belajar TOEFL.
Silakan download software
Genius TOEFL.
RUMUS JAWABAN CARA 9
Perhatikan tabel rumus berikut tentang pembentukan
kalimat klausa kata benda dengan penghubung kata benda.
Gunakan
Kata Penghubung Noun Clause yang Berfungsi Sekaligus Sebagai Subjek (Noun
Clause Connector/Subject) Secara Tepat
Pada cara ke-9, sudah kita pelajari bahwa noun clause
connector berfungsi sebagai kata penghubung. Dalam cara ke-10 ini, kita
akan mempelajari bahwa kata penghubung noun clause tidak
hanya berfungsi sebagai connector, tapi juga dapat sekaligus menjadi subjek
dari noun klausa. Cara menjawab soal TOEFL structure jenis
ini, perhatikan kalimat-kalimat berikut.
1. I do not know what is in
the box. (Saya tidak mengetahui apa yang ada di kotak itu)
(Noun Clause As Subject of Verb)
2. We are concerned about who will do the work. (Kami risau tentang siapa yang akan melakukan pekerjaan itu)
(Noun Clause As Subject of Preposition)
3. Whoever is coming to the party must bring a gift. (Siapapun yang datang ke pesta itu harus membawa sebuah kado)
(Noun Clause As Subject)
(Noun Clause As Subject of Verb)
2. We are concerned about who will do the work. (Kami risau tentang siapa yang akan melakukan pekerjaan itu)
(Noun Clause As Subject of Preposition)
3. Whoever is coming to the party must bring a gift. (Siapapun yang datang ke pesta itu harus membawa sebuah kado)
(Noun Clause As Subject)
Pada contoh No.1, terdapat dua klausa, I do not know dan
what is in the box. Kedua klausa ini dihubungkan oleh connector (kata
penghubung) what. Perlu diketahui dalam kalimat ini connector 'what' memunyai
dua peran: sebagai subjek dari verb 'is' dan sebagai connector yang
menghubungkan kedua klausa.
Pada contoh No.2, terdapat dua klausa. Pada klausa
pertama, we merupakan subjek dari are. Pada klausa kedua, who merupakan subjek
dari will do. Who juga berfungsi sebagai connector yang menghubungkan antara
kedua klausa tersebut. Noun clause who will do the work berfungsi sebagai objek
dari preposisi about.
Pada contoh No.3, juga terdapat dua klausa: whoever
sebagai subjek dari is coming. Whoever is coming to the party merupakan subjek
dari must bring. Kata connector 'whoever' berfungsi sebagai subjek dari kata
kerja is coming dan juga sebagai connector yang menghubungkan kedua klausa
tersebut.
Perhatikan contoh berikut, bagaimana pola kalimat ini
diujikan dalam tes TOEFL.
__________ was on television made me
angry (..... di televise membuatku marah)
(A) It
(B) The story
(C) What
(D) When
(A) It
(B) The story
(C) What
(D) When
Pembahasan Soal dan Jawaban
Dapat segera diketahui bahwa kalimat di atas memunyai 2 verb (was dan made) dan setiap verb butuh subjek. Jawaban (A) dan (B), karena subjek 'It' dan 'the story' tidak bisa menjadi subjek dari 2 verb (was dan made) sekaligus. Jawaban (D) jelas salah, karena when bukanlah sebuah subjek. Pada jawaban (C) kata what dapat berfungsi sebagai subjek dari was dan juga sebagai connector kedua klausa di atas; noun clause "what was on television" merupakan subjek dari verb "made". Karenanya, jawaban terbaik yaitu (C), What.
Dapat segera diketahui bahwa kalimat di atas memunyai 2 verb (was dan made) dan setiap verb butuh subjek. Jawaban (A) dan (B), karena subjek 'It' dan 'the story' tidak bisa menjadi subjek dari 2 verb (was dan made) sekaligus. Jawaban (D) jelas salah, karena when bukanlah sebuah subjek. Pada jawaban (C) kata what dapat berfungsi sebagai subjek dari was dan juga sebagai connector kedua klausa di atas; noun clause "what was on television" merupakan subjek dari verb "made". Karenanya, jawaban terbaik yaitu (C), What.
INGATLAH
Cara menjawab soal TOEFL Structure and Written Expression nomor
ke-10 adalah "Gunakan
Kata Penghubung Noun Clause yang Berfungsi Sekaligus Sebagai Subjek (Noun
Clause Connector/Subject) Secara Tepat".
RUMUS JAWABAN CARA 10
Perhatikan tabel berikut ini yang berisi penjelasan dan
rumus pembentukan noun clause connector/subjects.
SUMBER REFERENSI : GENIUS TOEFL